PARAPAT - Satu rombongan keluarga Elvirahmita Sembiring (22) warga Stabad berniat untuk menikmati Liburan hari raya Idul Fitri di Toba Calder Resort (TCR) Sibisa Kabupaten Toba sekaligus untuk mandi mandi di perairan Danau Toba Parapat. Namun naas dalam perjalanan kendaraan mini bus rentalan yang ditumpangi rombongan keluarga ini mengalami kecelakaan. Elvirahmita Sembiring (22) dengan rombongan keluargan yang berjumlah 8 orang sebelumnya datang dari Stabat menuju Kabupaten Toba untuk berlibur ke lokasi wisata Toba Caldera Resort (TCR) Sibisa serta untuk mandi mandi di pantai Danau Toba.

Rombongan keluarga menaiki satu unit minibus BK 1367 RI yang dirental Elvirahmita dikemudikan Agus Sumaidi (51). Usai menikmati lokasi wisata TCR Sibisa rombongan keluarga bertolak ke arah Parapat.

Namun nasib naas menimpa rombongan keluarga Elvirahmita, sekira pukul 08.30 Wib Rabu, (26/4/2023) kendaraan mini bus yang mereka tumpangi yang di kemudikan Agus Sumaidi (51) terjun bebas ke jurang Jembatan Siserasera Kecamatan Girsang Sipanganbolon Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara sedalam +_30 Meter, Rabu (26/4/2023).

Akibat peristiwa itu satu orang anak Balita bernama Anas Afriani Surbakti tewas ditempat.

"Sebelumnya kami berangkat dari Stabat dan hendak berlibur ke Kawasan Danau Toba," ujar Elvirahmita saat ditemui wartawan di RSUD Parapat.

Elvi juga menjelaskan, dalam rombongan keluarganya ada 2 anak-anak bersama dengan orang tuanya. 

Kata Elvi yang juga ditemani saudaranya sembari mendapat perawatan dari tim medis di RSUD Parapat mengatakan supirnya diduga sudah ngantuk sejak tiba di kota Tebing Tinggi.

"Di Tebing, dia sudah menabrak trotoar jalan disana. Saat itu kami minta untuk beristirahat dan tidur sejenak, supirnya tidak mau dan malah meneruskan perjalanan sampai ke Parapat. Kami pun sempat istirahat di lokasi parkiran Pantai Bebas Parapat sebelum melanjutkan perjalanan ke Toba Caldera Resort (TCR) di Sibisa," ujarnya.

Helmut Ompusunggu salah seorang warga menuturkan diawal kejadian, ia melihat minibus itu tancap gas terus menyosor beram jalan sebelah kiri dari arah Toba serta menyosor semak bambu yang tumbuh lebat diberam tebing jalan terus menabrak trotoar jalan setinggi +_ setengah meter yang akhirnya terjungkal masuk terjun kedalam kejurang".

"Setelah terjun ke dalam jurang si Serasera, mobilnya sempat nyangkut, tapi karena mobil terus bergoyang-goyang, menyebabkan mobil tersebut langsung berguling dan jatuh ke kedalaman jurang tersebut," ujar Oppusunggu.

Melihat hal tersebut warga berusaha menolong korban serta ada yang melaporkannya ke pihak Sat Lantas Polsek Parapat.

Beberapa saat kemudian Ambulans dari pihak RSUD Parapat bersama sejumlah personil Polisi datang untuk mengevakuasi korban serta melakukan pemeriksaan dan penyelidikan serta mengamankan TKP.

AIPDA Marnask Samosir Anggota Sat Lantas Polsek Parapat, saat dikonfirmasi beberapa awak media menyampaikan peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kawasan jembatan Si Serasera dengan Satu Unit Mini Bus Nopol BK 1367 RI  berpenumpang 8 orang membenarkan telah mengalami kecelakaan terjun bebas ke jurang Jembatan Siserasera Kecamatan Girsang Sipanganbolon.

Disampaikannya, peristiwa itu terjadi disinyalir supirnya kemungkinan karena mengantuk.