TOBA - Hari kedua Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H, berbagai kawasan wisata tepian pantai Danau Toba di Kabupaten Toba, 'diserbu' warga yang sengaja datang berlibur ke wilayah ini.

Terpantau, Minggu (23/4/2023) tampak di Pantai Pasir Putih Danau Toba Lumban Bulbul Balige Kecamatan Balige Kabupaten Toba  warga sengaja untuk menghabiskan masa liburan diperayaan hari raya Idul Fitri tahun 2023.

Kawasan ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk mengisi waktu libur Lebaran merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Kawasan ini, lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Balige dan cepat dijangkau serta air Danau Toba yang sangat menyejukkan dengan pasir putihnya yang lembut membuat wisatawan semakin terpikat untuk menikmatinya.

Berdasarkan pengamatan  www.gosumut.com,  di lokasi  para Pedagang mendapatkan berkah dari kehadiran pengunjung. Di mana di tahun tahun sebelumnya di daerah ini minim pengunjung dan hampir tidak ada, dikarenakan paparan wabah pandemi Covid-19 dan berbagai varian barunya yang menghantam ekonomi Indonesia dan dunia internasional. 

Tampak para pedagang kecil seperti penjual rujak, jagung rebus/bakar, mie gomak kuah/goreng sebagai makan mie khas di Toba, kelapa muda laris terjual. Demikian juga dengan penyewaan pelampung, terpal, perahu, banana boat, ATV dan speedboat sangat ramai.

Seperti biasanya di sepanjang
Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul telah berdiri dan tersedia ratusan pondok kecil (gajebo) menghadap ke Danau Toba yang disewakan bagi wisatawan yang ingin bersantai. Inilah salah satu sarana fasilitas pendukung santai di objek wisata Pantai Bulbul dan menjadi destinasi favorit wisatawan.

Seorang  pengunjung, Ihsan asal Rantau Parapat mengaku datang bersama keluarga dan kerabatnya  untuk rekreasi di pantai pasir putih Lumban Bulbul.

"Atas kemenangan di hari yang Fitri ini, ditambah suasana saat ini masih dalam masa liburan menambah kesempatan untuk dimanfaatkan berekreasi di beberapa lokasi wisata salah satunya di lokasi wisata pantai pasir putih Danau Toba Lumban Bulbul Balige ini mengajak seluruh anggota keluarga menikmati keindahan pantai Bulbul ini, ujarnya diamini anggota keluarga dan kerabatnya lainnya.

"Saya bersama keluarga tiba di Kabupaten Toba pada hari Jumat, (21/4/2023) lalu dan kami sudah sering berkunjung dan berlibur ke pantai Bulbul ini bang," ujarnya. 

Ia menyebutkan berliburan di pantai pasir putih Danau Toba Lumban Bulbul karena pemandangan kawasan yang indah ditambah airnya yang dingin dan sejuk serta sinar matahari langsung dari peraduannya menyinari alam perairan Danau Toba.

Selain itu, setiap lokasi wisata di  Toba tampak aktif mendapat pengawalan penjagaan dan pemantauan serta pengawasan dari pihak Kepolisian jajaran
Polres Toba, Basarnas, BPBD Toba, Sat Pol PP dan tim lainnya yang tergabung dalam pelaksanaan operasi pengamanan wisata selama masa liburan Lebaran

Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melalui Kasie Humas AKP Bungaran Samosir, Senin (24/4/2023) menyebutkan seluruh personil yang bertugas di pengamanan Idul Fitri tahun 2023 terdiri dari unsur Forkopimda Kabupaten Toba.  

Secara khusus lanjutnya, setiap personil Polri di jajaran Polres Toba sesuai perintah pimpinan harus aktif menjalankan tugas pemantauan kemanan bagi warga yang berlibur berwisata di berbagai lokasi kawasan wisata di Toba. Demikian halnya di setiap Pos PAM/Pos YAN yang telah didirikan selama pelayanan pengamanan arus Mudik dan arus Balik Mudik Lebaran.