TOBA - Untuk menyambut dan memeriahkan perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H (Minggu, 22/4/2023) Panitia Takbiran BKM AL Hadhonah Balige mempersiapkan pelksanan Malam Takbiran bersam umat muslim Balige Kabupaten Toba. Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K bersama Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, S.E turut hadi pada pengamanan malam takbiran hari raya Idul Fitri 1444 H yang digelar di Masjid Al Hadhonah Kelurahan Napitupulu Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Jumat (21/04/2023) yang dimulai tepat pukul 20.00 Wib.

Sebagai Ketua di kepanitiaan malam Takbiran BKM AL Hadhonah Balige Kab.Toba Bangun Sibarani dengan Dewan Masjid Al Hadhonah Imran Napitupulu.

Turut serta hadir Kabag OPS Polres Toba Kompol Jhony A.Siregar, Sekda Kabupaten Toba Drs.Augus Sitorus, Kasat Pol PP Toba Harianto Butar - Butar, Camat Balige Pantun Pardede, Ormas PBB, GP Anshor. Pelaksanaan mendapat penjagaan dan pengenalan dari Satlantas Polres Toba di komando Aiptu Rapindo Siahaan.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, S.E memukul bedug dan melepas syiar takbir untuk berkeliling di kota Balige guna menyemarakkan malam takbir yang diikuti ribuan masyarakat umat Muslim di Kecamatan Balige.

Start awal keberangkatan dari depan Masjid Jalan Sisingmangaraja XII Balige dengan rute mengarah ke Bundaran Kota Balige tmenuju Pasanggarahan ke Jalan Mulia Raja Tanah Lapang masuk ke Pelabuhan Balige lalu ke Jalan Siliwangi mengarah ke jalan depan Rutan Balige terus ke Jalan Pemandian ke Jalan Sutomo masuk ke jalan Soposurung Balige belok kiri Jembatan Soposurung, Depan Polsek Balige terus depan PN Balige dan kantor Kejari Tobasa hingga seluruh rombongan memasuki arah Bundaran kota Balige Jalan Sisingamangaraja Balige lanjut masuk ke Jalan Gereja terus ke Jalan Cornel Simanjuntak - Jalan Op Batu Tahan Siahaan - Jl GHM Siahaan - Jembatan Juara Monang - Simpang Bypass Tambunan - Terus Ke Laguboti selanjutnya putar balik ke arah Balige melunasi di Janlinsum (Jalan Negara Lintas Sumatera Tambunan dan Tampubolon Desa Janji Mari dan akhirnya Finish di Masjid Al Hadhonah Balige.

Seluruh peserta umat muslim yang mengikuti malam takbiran nengenakan busana muslim sembari mengumandangkan takbir yang diiringi dengan tabuhan rebana dan alat musik.

Bangun Sibarani Ketua Panitia Malam Takbiran BKM AL Hadhonah Balige dalam penuturannya mengatakan, umat muslim Balige Kab Toba pada umumnya sangat mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Pemkab Toba, Kapolres Toba beserta Jajarannya demikian halnya dengan TNI serta para Ormas dari organissi PBB dan GP Anshor.

"Kami sangat bersyukur dalam perayaan hari kemenangan ini dikarenakan keterlibatan langsung oleh pihak Pemkab Toba bersama Polri/TNI berikut organisasi GP Anshor dan Ormas PBB," ungkapnya

Ditambahkannya, kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Toba secara khususnya di Kecamatan Balige sudah terjalin dengan baik dari sejak lama. Di Kab.Toba tidak pernah ada benturan masalah keagamaan, tetap terjalin baik dan kondusif serta tidak terpengaruh dengan gosip dunia luar karena tetap mengedepankan kedamaian dan persatuan dalam perbedaan keagamaan.

Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dalam sambutan dan amanahnya menyampaikan, "Polres Toba bersama TNI dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Toba tetap komit dan siap untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kegiatan malam syiar takbir guna memberikan kondisi yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan hari kemenangan baik selama melaksanakan ibadah puasa selama di bulan Ramadhan hingga di perayaan hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H."

"Kita menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang melaksanakan syiar takbir keliling ini yang juga bekerja sama dengan TNI, apalagi jalur yang dilalui sangat pendek dan setiap ruas jalan akan dijaga dengan ketat," sebut Taufiq.

"Harapkan saya, selama syiar takbir yang kita gelar ini teruslah mengumandangkan gema takbir, tahlil dan tahmid," harapnya.

Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak,S.E dalam sambutannya menyampaikan, "Momentum hari raya idul fitri ini hendaknya kita bersyukur kepada Allah SWT sebagai hari kemenangan setelah beberapa lama telah menjalankan ibdah Puasa dan malam ini kita secara bersama sama menyambut malam Idul Fitri umat Islam di seluruh indonesia."

Mewakili Bupati, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak,S.E juga menyampaikan ucapan atas nama Pemerintah Kabupaten Toba mengucapkan permohonan maaf dan selamat Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

“Kepada seluruh masyarakat Toba saya ucapkan selamat Idul Fitri 1444 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin dan mari kita rayakan secara bersama sama dengan penuh kedamaian dan ketenangan dengan penuh ceria dan berhembira,”tandasnya.*