PALAS - Di penghujung bulan ramadhan 1444 H, warga Desa Siolip, Kecamatan Barumun Baru, Kabupaten Padanglawas (Palas) dibuat panik dengan terbakarnya satu unit rumah warga semi permanen milik Nudelina Hasibuan (38).


Informasi yang dihimpun dari pihak Polsek Barumun,peristiwa kebakaran tersebut terjadi Kamis (20/4/2023) sekira pukul 12.30 WIB, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK, M.Si melalui Kapolsek Barumun, AKP Miftahuddin, SE mengatakan, kebakaran itu terjadi disaat kompor gas yang memasak sayur mayur ditinggal pergi sebentar oleh Nudelina untuk kepekan membeli bumbu untuk bahan jualan pecal sore menjelang buka puasa.

"Kompor gas meledak dan kobaran api membesar lalu menyambar dinding dan broti rumah, sehingga menghanguskan bangunan rumah beserta isinya," terang Kapolsek Barumun.

Kata Miftahuddin, jarak pekan desa dengan lokasi rumah hanya berjarak 50 meter. Karena kompor gas meledak akibatnya menghanguskan rumah semi permanen yang juga sebagai tempat warung jual pecal Nurdelina.

Melihat api kompor gas yang meledak dan membesar, spontan anak korban, Amirah Nasution yang sedang menggendong adiknya yang masih belita di sekitar rumah langsung berteriak minta tolong ke warga sekitar.

"Kobaran api terus menyala dan telah membakar pada bagian dinding rumah, sehingga menghanguskan bangunan dan semua isi yang ada di dalam rumah ikut hangus terbakar," ungkap AKP Miftahuddin.

Kondisi bangunan rumah, lanjutnya, hanya tampak tinggal puing-puing bangunan saja karena telah hangus terbakar dan hampir rata dengan tanah.

Sebelum mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi kebakaran, warga langsung memberikan pertolongan untuk upaya memadam kobaran api yang tidak terus membesar dengan mengunakan alat seadanya.

"Mobil pemadam kebakaran (Damkar) dengan cepat menuju lokasi kebakaran sehingga api dapat dijinakan setelah satu jam setelah kebakaran, sekira pukul 13.30 WIB," pungkasnya.