TOBA - PT.Toba Pulp Lestari,Tbk (PT.TPL,Tbk) memberikan bantuan dukungan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) lingkungan halaman depan Gereja bagi warga Jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Desa Siantar Utara, Kecamatan Parmaksian, Toba. Dana pembangunan TPT ini dari program Community Development (CD) Perusahaan. Dukungan bantuan disalurkan melalui Management sebagai kontribusi sosial perusahaan kepada masyarakat untuk mewujudkan kehidupan beragama yang aman dan kondusif dari ancaman bencana alam longsor.

Untuk diketahui, tahun 2013 PT.TPL,Tbk memberikan bantuan untuk pembangunan TPT di halaman samping gereja. Kemudian lanjutan pembangunan TPT tahun 2022 oleh panitia warga jemaat gereja GKPI Siantar Utara yang mengajukan permohonan kepada perusahaan dengan pengerjaan rampung tahun Maret 2023.


Penatua gereja GKPI Siantar Utara Nurdin Marpaung dalam serah terima atas pembangunan TPT mengucapkan syukur dan terimakasih kepada TPL dan jajaran Management atas terealisasinya pembangunan tersebut.

“Mewakili jemaat GKPI Desa Siantar Utara saya ucapkan terima kasih kepada perusahaan dan jajaran Management  karena telah memberikan perhatian dan dukungan bantuan kepada kami sebagai warga masyarakat wilayah sekitar perusahaan berdiri dan beroperasi.pembangunan TPT lingkungan dan halaman Gereja GKPI Siantar Utara ini adalah sebuah kebutuhan mendesak bagi kami warga jemaat demi keamanan, kenyamanan bangunan Gereja khususnya bagi warga jemaat dan warga masyarakat sekitar lainnya. Dengan telah dibangunnya TPT Halaman depan Gereja ini kini kami menjadi lebih nyaman untuk beribadah dan beraktivitas di gereja serta terlindungi dari ancaman bencana alam longsor dikala musim penghujan turun,” sebut Nurdin.

Kepala Desa Siantar Utara, Pargaulan Marapung mengapresiasinya dukungan pembangunan TPT lingkungan halaman gerja GKPI Siantar Utara yang direalisasikan perusahaan ke desanya.

“Dengan dukungan ini semoga masyarakat, terkhusus warga jemaat tidak khawatir lagi dengan faktor keamanan di sekitar pekarangan atau halaman gereja," ujarnya.

Mewakili management TPL, Rikky Hutabarat didampingi Raja Fandolib mewakili pimpinan perusahaan Selasa, (18/4/2023), menyampaikan, pemberian dukungan dan bantun oleh perusahaan sesuai dari salah satu visi perusahaan yakni baik untuk masyarakat (good for community) dengan realisasinya TPL peduli akan sarana dan prasarana rumah ibadah di sekitar wilayah perusahaan berdiri dan beroperasi.

“Tujuan utama pembangunan TPT halaman lingkungan gereja GKPI Siantar Utara supaya warga jemaat gereja merasakan keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah demikian juga dengan warga masyarakat sekitar terhindar dari ancaman be cana alam longsor dikala musim penghujan turun. Semoga bantuan yang diberikan oleh perusahaan salah satu saluran berkat kepada masyarakat yang berdampingan dengan TPL,” ungkap Rikky.