TAPSEL - Jalur mudik Lebaran 2023, akses jalur lintas tengah Sumatera merupakan jalur penghubung Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Sumatera Barat.

 

Meski sudah sering dilakukan perbaikan, tetap saja akses jalur ini sangat rawan terjadi kecelakaan yang disebabkan badan jalan sering amblas dan longsor saat musim hujan.

Seperti akses jalan lintas sumatera, di Batu jomba, yang tepatnya di Desa Bulu Payung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara (Sumut) dimana sebuah truk barang jenis Fuso No Polisi BA 9830 QU nyaris masuk jurang yang di kemudikan P Gultom (55), pada Jumat, (14/4/2023).

"Walau kita tidak ada luka-luka tetapi kita terkejut dan khawatir serta was-was ketika akan mengendalikan truk yang atrek (mundur) saat melalui tanjakan curam Jalinsum Batu Jomba ini," ungkap Gultom ke awak media.

Laka tunggal berawal, dikatakan Gultom, saat sedang melintasi tanjakan curam Batu Jomba. Namun tiba tiba mobil truck tersebut atrek (mundur) dan langsung membanting stir kekanan hingga nyaris masuk kejurang, beruntung mobil tersebut bersandar dibatang pohon dan tiang listrik.

"Tadi pas saya lewat tanjakan ini tiba-tiba mobil habis napas dan saat itu juga mobil atrek spontan saya kendalikan stir untuk penyelamatan dan hampir saja masuk jurang. Saya dan Kernet langsung loncat," ujar Gultom.

Lanjut dikatakan Gultom, jalan ini sering amblas dan longsor mungkin karena daerah ini merupakan jalur patahan.

"Walaupun sering diperbaiki badan jalan tetap turun dan amblas," sebut Gultom.

Diketahui, Jalan Nasional Batu Jomba di jalur lintas tengah Sumatera merupakan akses jalur lintas Kendaraan bus maupun truk juga jalur mudik saat lebaran tiba.***