PALAS - Safari Ramadhan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumut, Imam Suyudi,SH kunjungi Rutan Klas II B Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas (Palas), Kamis (13/4/2023). Dikujungan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumut didampingi Kadiv Pas, Rudi Fernando Sianturi dan jajaran disambut Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan, Elizama Gori, SH dan Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga SH.
 
Disela kegiatan safari ramadhan juga dirangkai dengan monitoring dan evaluasi (Monev) Imam Suyudi juga memberi arahan tentang penguatan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) bagi jajaran Rutan Klas II B Sibuhuan.
 
"Petugas di jajaran Rutan Klas II B Sibuhuan harus terus semangat melaksanakan tugas permasyarakatan secara aktif sesuai tupoksi selama bulan ramadhan," tegasnya dihadapan seluruh jajaran Rutan Klas II B Sibuhuan.
 
Kata Imam Suyudi, pelaksanaan tupoksi sebagai petugas permasyarakatan harus berjalan dengan baik dalam memberikan hak-hak warga binaan permasyarakatan.
 
"Saya beserta Kadiv Pas hadir disini selain melakukan monitoring dan evaluasi juga memberikan semangat kepada seluruh jajaran di Rutan kelas II B Sibuhuan untuk bekerja dengan baik khususnya dibulan ramadhan," ujarnya.
 
Ia juga mengingatkan, petugas permasyarakatan memiliki tanggungjawab untuk memberikan hak -hak narapidana sebagaimana mestinya seperti Remisi, Asimilasi dan lainnya.
 
"Tugas lainnnya juga melakukan pemindahan narapidana, jika sudah memenuhi kreteria untuk mengurangi over kapasitas di Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut," pesannya.
 
Sementara itu, Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Elizama Gori.SH didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga, SH mengatakan, program pembinaan kepribadian maupun kemandirian bagi seluruh WBP terus dilakukan sesuai ketentuan dan aturan.
 
"Petugas permasyarakatan yang sedang menjalankan ibadah puasa, tetap produktif dan disiplin dalam bertugas untuk pembinaaan narapidana yang menghuni Rutan Klas II B Sibuhuan," terangnya.
 
Ia menambahkan, proses pembinaan terus dilakukan untuk memastikan para WBP saat kembali ditengah masyarakat nantinya agar tidak mengulangi tindakan yang bersentuhan dengan hukum.
 
Elizama Gori mengaku terkesan dengan kehadiran Ka Kanwil Kemenkumham Sumut di Rutan Klas II B Sibuhuan sebagai upaya memberikan motivasi dan semangat kepada petugas untuk bekerja dengan baik sesuai tupoksi dan tanggungjawabnya.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ka Kanwil Kemwnkumham Sumut yang memberikan motivasi positif untuk pelaksanaan tugas permasyarakatan terhadap warga binaan Rutan Klas II B Sibuhuan," pungkasnya.