MEDAN - Dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dinyatakan lolos sebagai calon DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang. Tokoh energik Muhammadiyah Sumatera Utara (Sumut), Rafdinal dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal dalam verifikasi faktual pada 26 Maret hingga 9 April 2023.
 
Karena itu, Rafdinal ditetapkan sebagai calon DPD RI Dapil Sumut melalui Rapat Pleno KPU Sumut pada hari, Rabu (12/4/2023).
 
Rafdinal langsung bersyukur atas keputusan tersebut. 
 
"Alhamdulillah. Syukur kepada Allah," ujar Rafdinal ditemui di Kampus UMSU, Jalan Mukhtar Basir Medan, Rabu, (12/4/2023).
 
Lebih lanjut Rafdinal mengucapkan ribuan terima kasih, khususnya kepada Tim Relawannya yang telah tak kenal lelah.
 
"Terimakasih khususnya kepada Tim Relawan dan Sahabat Buya Rafdinal. Terutama KPU Sumut hingga kabupaten/kota, admin serta seluruh tim," ucap Rafdinal.
 
Kemudian, Rafdinal yang juga Alumni FISIP UMSU ini, berharap masyarakat luas dapat mendukungnya untuk dipilih menjadi angota DPD DPD RI Periode 2024-2029. 
 
"Insyaallah. Dukungan ini terus berlanjut hingga masa pencoblosan pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang," kata Rafdinal yang juga Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FISIP UMSU ini.
 
Selanjutnya, Rafdinal yang juga Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Medan ini juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara.
 
"Keluarga besar Muhammadiyah, Aisyiah, Ortom Angkatan Muda Muhammadiyah khususnya Alumni IMM, masyarakat Minang Sumatera Utara dan warga masyarakat lainnya dari berbagai suku, etnis dan agama," imbuhnya.
 
Begitu juga kepada teman-teman pengurus/Pimpinan Lembaga Panti Asuhan (LKSA) Sumatera Utara serta seluruh Sahabat Buya Rafdinal di mana saja berada yang telah mendukung dan mensupport agar nantinya untuk bisa berbuat lebih besar bagi kepentingan ummat dan bangsa.
 
"Ucapan terima kasih saya juga sampaikan kepada seluruh Civitas Akademika UMSU," kata Rafdinal yang saat ini juga sebagai Sekretaris Umum Korwil Fokal IMM Sumut.
 
Sebagaiamana diketahui, Rafdinal adalalah salah seorang dari 23 bakal calon yang mengikuti verifikasi faktual pada 26 Maret hingga 9 April 2023. 
 
Setelah itu, dilakukan penetapan calon DPD RI Dapil Sumut melalui Rapat Pleno KPU Sumut pada Rabu 12 April 2023. 
 
Nantinya, nama Rafdinal dan nama-nama lain yang lolos akan diserahkan ke KPU Pusat untuk ditetapkan dan diumumkan ke publik.