TOBA - Tiga unit rumah warga terbuat dari Papan di Desa Situatua Huta Kecamatan Sigumpar Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, dilalap si jago merah, Selasa (11/4/2023). Berdasarkan Informasi yang diterima www.gosumut.com, rumah yang terbakar tersebut milik Oskar Ndapdap hangus rata dengan tanah, sementara dua lainnya milik Op.Si Tour br Hutagaol dan Op.Simlan Nadapdap yang terkena rembesan jilatan api dari rumah yang terbakar.

Kepala Sat Pol PP dan Damkar Kab. Toba Harianto Butar Butar menyebutkan petugas yang mendapat informasi tersebut, langsung bergerak cepat ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran untuk memadamkan api dan mengamankan para korban.

Api berhasil dipadamkan setelah 1,5 jam upaya pemadaman dan lokasi TKP. Tidak ada menelan korban jiwa.

Sekretaris Desa Situatua Muller Simangunsong yang dikonfirmasi sesuai keterangan korban Laura Nadapdap menyebutkan, sebelum peristiwa kebakaran dia sedang memasak didapur dengan mengunakan kayu bakar.

Kebakaran terjadi disinyalir karena api menjilat dinding dapur yang terbuat dari papan yang sudah tua dan kering.


Disebutkan Muller, rumah yang terbakar adalah rumah Sopo (Rumah Batak) di depananya dan dibelakang sudah terbuat dari beton.dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada satu barang yang bisa diselamatkan selain hanya baju yang melekat di badan korban.


Kapolres Toba melalui Kasie Humas AKP.Bungaran Samosir menyebutkan, untuk memastikan sumber api masih silakukan pemeriksaan dan penyelidikan oleh pihak Kepolisian sektor Silaen jajaran Polres Toba dan saat ini TKP telah di Police Line untuk membatasi warga masuk guna dilakukan penyelidikan oleh pihak tim INAFIS Polres Toba dan kerugian belum bisa ditaksir.