LANGKAT -  Petani kelapa sawit di daerah kecamatan Bahorok lesu. Pasalnya  harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kian menurun. Informasi dihimpun Senin (10/4/2023) dari beberapa petani di daerah itu menyebutkan saat ini pengepul membandrol Rp 2180/kg. Padahal sepekan sebelumnya harga cukup stabil  diatas Rp 2200/kg.

Seperti diungkapkan Satria Surbakti petani kelapa sawit dari Dusun Lau Simpan Desa Lau Damak Kecamatan Bahorok.

Menurutnya saat ini produksi panen juga mengalami penurunan hingga 60%. Belum diketahui penyebabnya dan belum pernah mengalami penurunan produksi panen separah ini.

Tak jauh beda dengan penuturan Sudi Tarigan petani kelapa sawit kelurahan Pekan Bahorok. Harga TBS di Desa Batu Jongjong Kecamatan Bahorok jauh lebih murah, Rp  2140/kg.

Disinggung tentang penurunan produksi panen diakuinya cukup parah. Padahal perawatan tanaman seperti pemupukan dan pembersihan cukup rutin dan baik.

Kuat dugaan penurunan produksi diakibatkan tingginya curah hujan beberapa bulan terakhir. Sehingga berdampak pada proses pembuahan tanaman terganggu, sebab meski bunga  keluar namun tidak menjadi buah, karena busuk.