PALAS - Madrasah Aliyah Negeri (MAN)1 Padanglawas (Palas) Plus Keterampilan dan Riset  melaksanakan kegiatan safari ramadhan dengan kunjungan ke Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, Senin (10/4/2023) malam. Kegiatan safari Ramadan siswa-siswi MAN 1 Palas Plus Keterampilan didampingi Kepala Madrasah berserta guru bidang Kesiswaan bertujuan menjalin silaturrahmi dengan masyarakat. 

Kepala MAN 1 Padanglawas Plus Keterampilan, Hj Mahnidar Azwarni Nasution S.Ag mengatakan, kegiatan safari diisi dengan penampilan pembacaan ayat suci Alquran serta Syahril Quran oleh siswa dan siswa  yang telah dibimbing dilingkungan madrasah.

"Peserta didik di lingkungan MAN 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset  ini telah mendapat pelatihan dan bimbingan dari para guru untuk tampil pada kegiatan safari Ramadan," terangnya.

Untuk Ramadan tahun ini, lanjut Hj Mahnidar akan mengunjungi tiga Kecamatan, diawali dari  Kecamatan Sosa Julu, Kecamatan Ulu Barumun serta Ulu Sosa.

Mahnidar Azwarni juga mengingatkan, kepada siswa-siswinya untuk senantiasa meningkatkan kegiatan ibadah di bulan suci Ramadan untuk mendapatkan berkah dan hidayahnya.

"Jadikan bulan ramadan sebagai ajang bermuhasabah diri untuk  menjadikan kepribadian yang baik dan mendapat  ridho Allah SWT," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan safari Ramadan ini bertujuan agar siswa-siswi yang menuntut ilmu pendidikan di lingkungan MAN 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset  dapat mengimplementasikan ilmu agama yang diperoleh dari madrasah  untuk pengembangan syiar agama Islam di tengah masyarakat.

"Selama Ramadan kegiatan yang dilaksanakan siswa cukup banyak, diantaranya tadarus, Shalat Tarawih berjemaah sekaligus dirangkai dengan kegiatan safari ramadhan mengunjungi desa," imbuh Hj Mahnidar Azwarni.

Ia menambah, antusias masyarakat mengapresiasi kegiatan ini tim safari Ramadan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset berharap kegiatan ini  terus berlanjut ditahun depan sebagai bentuk mempererat tali silaturrahmi dengan masyarakat.

Camat Ulu Barumun, Damhuri Daulay  mengapresiasi, kegiatan safari ramadhan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset sebagai bentuk kegiatan mulia yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Atas nama pemerintah Kecamatan dan masyarakat, kami mendukung program kegiatan safari Ramadan siswa dalam mewujudkan Kabupaten Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," pungkasnya.