LHOKSEUMAWE - Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi mengingatkan seluruh jamaah agar tetap menjaga silaturrahim sesibuk apapun kegiatan yang dilakukan sehari-hari. “Jaga silaturrahim dan jangan  memutus tali silaturahim sesama ummat muslim, meskipun dalam kesehariannya sangat sibuk dalam urusan dunia,” katanya saat melakukan Safari Subuh Arafah Sumut di Masjid Nurul Islam jalan Karya, Kelurahan Berombak, Medan Barat, Senin (3/4/2023).

Keutamaan menjaga silaturrahim, urainya, dalam Islam dapat menjauhkan seorang hamba dari permbuatan maksiat, memanjangkan umur, memperluas rezeki sampai dimuliakan di dunia dan akhirat.

Pangdam menegaskan, Allah SWT mengutuk orang-orang yang memutus tali silaturahim antar sesama.

“Sesungguhnya seseorang yang memutus tali silaturahim maka dianggap sebagai perusak bumi,” ungkapnya.

Pangdam juga menyetir hadist nabi yang menyatakan bahwa tak akan masuk surga pemutus tali silaturrahim (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim.

“Oleh karena itu pererat tali silaturrahim sesama saudara muslim, karena nabi secara tegas lewat sabda  beliau tak akan masuk surga pemutus tali silaturahim. HR Bukhari dan Muslim,” katanya.

Keutamaan menjaga silaturahim ditegaskan Pangdam bahwa keseimbangan bumi sangat bergantung dengan hubungan penghuninya.

“Allah SWT dan Rasulullah SAW telah menegaskan keutamaan menjaga silaturahim berulang kali dalam Al-Qur’an dan Hadist,” katanya.

Pangdam berharap, ummat Islam bisa lebih bersatu dan saling tolong menolong dengan meramaikan masjid pada waktu salat subuh, maupun salat wajib lainnya.