PALAS - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padanglawas (Palas) H. Abdul Manan, M.A di dampingi Kasi Pendidikan Madrasah, H.Ahmad Husein memantau pelaksanaan asesmen madrasah di MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset.

Di sela pemantauan kegiatan asesmen madrasah, Kakan Kemenag Palas memotivasi peserta didik agar mengikuti ujian dengan baik dan menjawab semua soal dengan teliti agar memperoleh hasil yang sempurna.

"Asesmen Madrasah merupakan bentuk penilaian sumatif yang dilakukan kepada peserta didik kelas akhir," terangnya.

Kata H.Abdul Manan, tujuan asesmen madrasah ini untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan, sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Lanjut Kakan Kemenag, pada prinsipnya Asesmen Madrasah itu sama dengan UN atau Ujian Akhir Madrasah (UAM) hanya saja Asesmen Madrasah dilaksanakan oleh madrasah.

Usai pemantuan, ia juga berharap peserta didik yang mengikuti asesmen madrasah mendapat nilai yang maksimal.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Kasi Penmad, H. Ahmad Husein Nasution, S.Pd, MM.

"Semoga pelaksanaan asesmen ini berjalan dengan baik dan peserta didik mendapatkan hasil maksimal," harapnya, Rabu (29/3/2023).

Sementara itu, Kepala Madrasah, Hj. Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag mengatakan, dalam sehari, siswa harus menyelesaikan 3 mata pelajaran dengan alokasi waktu 90 menit per mata pelajaran.

Pelajaran pertama dimulai pukul 08.00 dan pelajaran ketiga selesai pukul 12.30. Secara umum siswa tidak mengalami kendala apapun, sehingga bisa mengerjakan semua soal dengan baik.

Pelaksanaan asesmen di MAN 1 Padang Lawas bersifat online menggunakan google form. Setiap siswa mengerjakan soal menggunakan handphone/gadget masing-masing.