MADINA - Mematangkan persiapan jelang pemilu 2024; DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar rapat kerja dan orientasi bersama anggota Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang bakal maju di kontestasi pemilu 2024. Rapat kerja tersebut dilakukan di aula Ladang Sari, Kecamatan Panyabungan, Senin (20/3/2023). Dalam rapat kerja bersama Bacaleg DPD PKB Madina tersebut juga tampak dihadiri Plt Ketua DPW PKB Sumut yang juga Bupati Madina Muhammad Jafar Sukahairi Nasution. 

Sukhairi mengharapkan untuk tidak ragu dan tetap optimis bacaleg untuk maju bergerak dalam kepentingan masyarakat. Maka dalam pemilu ini, PKB kata dia sepakat melaksanakan sistem terbuka bagi bacaleg untuk melihat keseriusan serta keterbukaan informasi kepada masyarakat. 

"PKB telah sepakat tetap melaksanakan sistem terbuka. Tidak ada tawar menawar, apalagi yang harus ditakutkan," imbuh Sukhairi.

Untuk itu, Bupati Madina tersebut meminta supaya bacaleg dan kader PKB di Mandailing Natal untuk tidak memikirkan hal yang tidak yang penting, sehingga menguras energi. 

"Maka kita akan berjuang bersama sama. PKB tidak akan membiarkan caleg dan bacaleg untuk berjalan sendiri, kita maju sama sama. Dan diharapkan para bacaleg PKB Mandailing Natal untuk memahami cara kerja partai dan ideologi partai, untuk itu ayo harus berdiri untuk kepentingan orang banyak," ucapnya. 

Sebelumnya juga DPC PKB telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan ke 45 orang bakal calon anggota legislatif di waktu lalu. 

Dalam pembukaan pendaftaran bacaleg di tubuh partai DPC PKB tersebut dilakukan secara terbuka bagi di kesemua kalangan masyarakat. 

Faslah Siregar, Ketua DPC PKB Kabupaten Madina mengatakan mulai pendaftaran hinga proses administrasi dan kelayakan dilakukan secara terbuka. 

"Dan Langkah ini dibuat adalah sebuah instruksi partai mulai dari tingakat DPW sampai DPP," imbuhnya. 

Dia menjelaskan mekanisme seperti itu dibuat untuk tidak pada seromoni semata.  Namun langkah diambil tersebut supaya  para kader dapat lebih mengenal ideologi partai berlambang sembilan bintang tersebut. 

Maka tahapan orientasi, sebut Faslah, sangat lah penting dilakukan pada tubuh partai PKB. Bukan hanya tinggkat bacaleg DPRD saja, namun juga  sama dilaksanakan bagi bacaleg bagi tingkat DPR RI. 

Untuk itu, kata Faslah, diharapkan bagi seluruh bacaleg agar benar-benar serius dalam memperjuangkan partai. 

"Orientasi sebagai langlah awal unuk lebih solid dan kuat di 2024. Ini tinggal menunggu bulan. Maret harus sudah mendaftar di DPP PKB dan kita dipantau DPP dan DPW," ungkap Faslah.