MADINA- Kebakaran melanda rumah warga di seputaran wilayah Pasar Lama Panyabungan, tepatnya di Kelurahan Panyabungan I, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Insiden kebakaran itu terjadi sekira pukul 00:15 Wib, Kamis (16/3/2023) dini hari. Belum diketahui penyebab kebakaran itu, sedikitnya ada 5 unit rumah warga terbakar yang terbuat dari kayu. Sementara api juga terlihat meluas ke bangunan Ruko.

Api baru dapat dipadamkan berselang satu jam. Dari pantauan GoSumut, ada tiga unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi dibantu juga satu unit Water Cenon milik Polres Madina. Dan listirik di sekitar lokasi kebakaran juga tampak ikut padam.

Di lokasi juga tampak sejumlah personel kepolisian dan Koramil 13 Panyabungan turut membantu memadamkan api. Suara azan juga menggema dari warga di lokasi kebakaran pada pemukiman padat penduduk itu.

Danramil 13 Panyabungan Kapten Inf. Abdul Kodir Harahap mengatakan penyebab kebakaran itu saat ini belum diketahui pasti. Namun dampak atas kejadian ada sebanyak rumah enam pintu dengan tiga kepala keluarga dan tiga rumah kosong.

"Alhamdulillah, masyrakat juga ikut berpartisipasi dan sangat luar biasa membatu memadamkan api sehingga dan kita juga apresiasi petugas damkar, " katanya saat ikut padamkan api di lokasi kebakaran.

Danramil 13 Panyabungan juga menyampaikan awal mula kejadian itu diketahui setelah mendapat loparan warga , bumbungan asap terlihat dari salah satu bangunan rumah warga sekira pukul 00:15 Wib dini hari.

Lalu, tak berselang lama api kemudian membesar sehingga merembet ke sejumlah bangunan rumah warga lainya.

"Sementara untuk kerugian material atas dampak kebakaran tersebut belum kita taksir. Dan, saat ini kita bersama petugas lainnya pokus untuk penanganan pemadaman api secara merata," ucap Danrami 13 Panyabungan.

Data sementara korban pemilik rumah adalah Yasugi (49), Alamarhum David Ciang, Piah (40).*