MEDAN -Event “Food Festival” gawean para manajer hotel yang tergabung dalam  Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Sumatera Utara bekerjasama dengan Griya Hotel selaku tuan rumah, Minggu malam (12/3/2023) benar-benar pecah.
 

Ratusan tamu memenuhi tempat yang disediakan panitia penyelenggara, di halaman terbuka di depan Griya Hotel, Jalan T. Amir Hamzah Medan. Hanya dengan membayar Rp75 ribu, setiap orang dapat makan sepuasnya.

Walhasil, antrian panjangpun tak terhindarkan dan tak sedikit pengunjung yang telah membeli voucher mengulang menyantap makanan yang dihidangkan secara prasmanan.

“Memang perkara makan hebatlah perut orang Medan ini, gak ada lawan, ” kata Akbar, 26, seorang pengunjung tertawa melihat tamu lain yang baru saja selesai menghabisi makanan di piring sudah bangkit lagi ikut antrian mengambil makanan lagi.

Tak pelak, para chef yang berpartisipasi pada malam itu sigap membakar sate maupun menyediakan menu lain yang mulai berkurang agar pengunjung tidak sampai kehabisan makanan yang disajikan secara prasmanan itu.

Acara “Food Festival” ini seperti disampaikan Indra Wirawan dari IHGMA Sumut, didampingi Ketua Panitia, Charles Manullang merupakan gebrakan pertama dari IHGMA di tahun 2023 untuk menbangkitkan kembali industri pariwisata di Sumut setelah dua tahun dihantam covid-19.

Ada tujuh hotel yang berpartisipasi mengirimkan chef (kepala juru masak) terbaiknya di event ini. Arya Duta Hotel mengirimkan Chef Gunawan, Grand Mercure dengan Chef Wigit, Haper Hotel dengan Chef Surya Jati, Emerald Hotel dengan Chef Ansyari, M Hotel dengan Chef Madan, Pancur Gading Hotel dengan Chef Binawan, dan dari Griya Hotel sebagai tuan rumah mengirimkan 2 orang chef sekaligus yaitu Chef Dian dan Ferry.

IHGMA Sumut berharap Food Festival ini akan diadakan secara berkala minimal sekali dalam 3 bulan. Untuk Food Festival berikutnya rencananya digelar di The Crew Hotel Kuala Namu, Deliserdang dimana Humas IHGMA Sumut Drs Afwandi menjadi manajernya.

Ketua Panitia Charles Manulang yang juga GM Griya Hotel mengatakan tema Food Festival perdana ini adalah Aneka Sate dan Nasi Goreng.

Selain keluarga besar insan perhotelan yang tergabung di IHGMA Sumut, pengunjung “Food Festival” berasal dari grup wisatawan Malaysia dan tamu tamu hotel lainnya. Keberhasilan acara ini, tidak terlepas kerjasama yang baik antar hotel dan pihak travel agent.

Acara yang berlangsung sampai pukul 10 malam itu dihangatkan pula oleh hiburan live music mengiringi pengunjung menyantap makanan yang tersedia.

Turut hadir Ketua HGMA DPD Sumut Ahmad Zulham, yang baru tiba di tempat acara malam hari langsung dari SIbayak Internasional Hotel Brastagi.