TOBA -Pemerintah Kabupaten Toba rayakan hari jadinya yang ke 24 tahun 2023 Kamis, (09/03/2023) yang lahir pada, 09/03/2099 dengan Thema : Melalui perayaan HUT Kab Toba ke-24, kita tingkatkan kolaborasi, Inovasi dan kretifitas untuk percepatan pembangunan Toba.
 

Acara perayaan hari jadi Pemkab Toba yang ke-24 tahun 2023 di gelar di Lapangan Sisingamangaraja XII Mulia Raja Balige yang dihadiri para undanagan dari tiap Kecamatan dan desa se Kab.Toba.

Diperayaan HUT Toba digealar dengan acara parade membawa hasil bumi dan hasil usaha UKM/UMKM dari 16 Kecamatan se Kab.Toba.

Acara juga diisi dengan berbagai penampilan seni tari/tortor yang ditampilkan oleh beberapa sanggar seni budaya batak toba yang ada di Kab.Toba.

Tidak ketinggalan panitia acara juga menghdirkan Dua mantan Bupati Toba terdahulu diantaranya mantan Bupati Toba Samosir Drs.Sahala Tampunolon selaku bidan atas kelahiran/keberdirian pemerintahan Kabupaten Toba Samosir yang sekarang telah berubah nama menjadi Pemerintah Daerah Kabupaten Toba dan Drs.Monang Sitorus,S.H,M.Si berikut 1 mantan Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan.

Dalam kesempatan tersebut oleh pemerintah Kabupaten Toba melalui panitia HUT Kab.Toba kepada kedua mantan Bupati dan mantan Ketua DPRD Toba diberikan cendera mata dengan menyematkan ulos Batak sebagai tanda ucapan syukur dan terima kasih atas jasa dan perjuangan mereka dimasa lalau dalam memperjuangkan keberdirian pemerintahan kabupaten Toba dimasa lalu.

Bupati Toba Poltak Sitorus dalam konfrensi persnya di lokasi acara menyebutkan, diperayaan HUT Pemkab Toba ke 24 tahun 2023 ini kiranya seluruh warga Toba semakin berbenah sebagaimana Kabupaten Toba melalui program pemerintah pusat telah menggalakkan pembangunan pariwisata di kawasan Wisata Danau Toba secara khusus di Kabupaten Toba.

Mari kita sama sama memperbaiki dan berjuang intuk meningkatkan pembangunan di Kabupat9en Toba sebagaimana program Pemerintah Toba menjadikan Kabupaten Toba kearah pembanngunan Toba Unggul dan Bersinar dengan Batak na Raja.

Secara khusus kepada kaum millenial (muda/i) Batak supaya berkarya dan berinovasi dalam mewujudkan kretifitasnya di era destinasi wisata Danau Toba yang di programkan oleh pemerintah menuju Pariwisata Internasionl.

Kepada para anak rantau kita berharap dan menghimbau agar memberikan oerhatian dan dukungannya dalam uoaya meningkatkan pembangunan di Kab.Toba.kiranya para anak rantau yang memiliki modal berkenan menanmkan modal dan investasinya di Kabupaten Toba dalam berbagai bentuk investasi guna mendukung Pariwisata Toba go Internasional.

Tidak ketinggalan Bupati Poltak mengucapkan terima kasih keada pemerintah Pusata NKRI berikut kepada TNI dan Polri secara khusus kepada Pnitia F1H2O yang dengan swkuat tenaga twlah bekerja dan beruoaya mensukseskan pagelaram F1H2O di Fanau Toba Balige Kab. Toba pada tanggal 24,25 dan 26 Maret 2023 lalu.

Tentu dengan pagelaram tersebut kita sadari masih banyak kekurangan dan kelemahannya.untum itu kita akan belajar dari sana untuk melakukan yang lebih baik lagi di kemudian hari sebagaimana F1H2O yang telah diprogram dan rencanakan akan digelar kembali di Danau Toba Balige dalam 5 tahun kedepan setiap tahunnya.

Untuk itu diperayaan hari jadi Pemkab Toba ke 24 tahun 2023 ini saya mengajak semua warga Toba untuk tetap proaktif dalam berinovasi serta Kretif dan hadapi tantangan untuk menjadi berkat.ssbutnya.

Ketua DPRD Toba Efendi Napitupulu dalam penuturannya di hari jadi Pemkab Toba ke 24 tahun 2023 masih banyak yang harus kita capai dan benahi khususnya oleh pihak Eksekutif Penerintah Daerah Kabupaten Toba.

Tentunya hal ini membutuhkan kolaborasi kerja sama yang baik dan terarah antara pihak Eksekutif Pemkab Toba dengan Legislarif DPRD Kabupaten Toba berikut seluruh stake Holder demikian dengan seluruh warga masyarakat luas untuk mewujudkan program pembangunan Kabupaten Toba yakni "Toba Unggul dan Bersinar".

Kami dari Legislatif DPRD Kab.Toba sangat berharap, apa yang menjadi tujuan dari program pembangunan yang di kerjakan oleh Pemkab Toba dengan visi dan misinya di satu periode kepemimpinan Bupati/Wakil Bupati Toba dapat terwujud dan tercapai dengan baik.sebut Efendy.