TOBA -Untuk mencerdaskan pemuda/i pelajar di era peradapan tehnologi yang semakin canggih saat ini, dunia pendidikan menjadi salah satu komitmen dari PT.Toba Pulp Lestari,Tbk (PT.TPL,Tbk) karena pendidikan merupakan pondasi awal untuk membangun masyarakat yang kokoh, mandiri dan berdaya saing.
 
Dalam upaya peningkatan kwalitas dan kwantitas kaum pelajar ini PT.TPL,Tbk melalui program Community Development (CD) menggelar Bimbingan Belajar tingkat SMP untuk persiapan seleksi masuk sekolah SMA Unggul.

Dalam menjalankan programnya tersebut PT.TPL,Tbk bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dalam menyelenggarakan Bimbingan Belajar persiapan seleksi calon siswa SMA Unggul kepada 150 siswa/i SMP di Kabupaten Toba yang digelar mulai dari tanggal 03 - 10 Maret 2023.

Kegiatan Bimbingan Belajar ini dilaksanakan di 7 Kecamatan se Kab.Toba diantaranya Kecamatan Balige, Laguboti, Parmaksian, Lumban Julu, Habinsaran, Borbor dan Nassau.

Untuk pembukaan Bimbingan Belajar resmi dilaksankan dilakukan di SMP Negeri 1 Habinsaran, Desa Parsoburan Tengah, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba Jumat, (03/03/2023).

Tujuan utama Bimbingan Belajar digelar oleh perusahaan melalui jajaran Management dalam rangka upaya peningkatan daya saing para siswa/i untuk mengikuti seleksi masuk SMA Unggul pilihan masing masing di Kab Toba yakni SMA Yayasan Soposurung dan SMA Unggul DEL.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba, Ricardo Hutajulu, didampingi Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Habinsaran Parulian Manurung menypaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kab.Toba kami sangat mengapresiasi dukungan Bimbingan Belajar yang dibiayai penuh oleh TPL.

Disampaikannya, ini patut kita syukuri,melalui kegiatan ini akan menjadi pemicu semangat para siswa/i untuk belajar lebih giat lagi, disamping persaingan seleksi masuk SMA Unggul yang sangat ketat, tidak banyak yang beruntung mendapatkan kesempatan dukungan bimbingan belajar seperti ini.

Lanjutnya “Kerjasama dukungan Bimbingan Belajar dengan TPL dibtahun 2023 ini adalah tahun ke Tiga di Kabupaten Toba. Perusahaan telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dengan menggelar bimbingan belajar, beasiswa dan pemberian penghargaan dan kerjasama dukungan bimbingan belajar persiapan masuk SMA unggul ini, dan kegiatan ini sudah tahun ke Tiga yang diawali pada tahun 2021 lalu”

"Sebelumnya pada November 2021 dan Januari 2022 telah diselenggarakan bimbingan belajar dan try out kepada 150 siswa/i SMP terpilih.Sebagai informasi, sewaktu saya menjabat Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten Samosir, program kerjasama dengan TPL ini juga sudah pernah diterapkan dan berhasil mengirim 10 orang lulus ke SMA Unggul. Terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan kepada TPL atas komitmennya,” ujar Ricardo.

Diakui Ricardo, keberadaan TPL di Kabupaten Toba secara khusus di wilayahnya berdiri dan beroperasi sangat berdampak positif dengan berbagai komitmen dan kontribusi dukungan yang diberikannya kepada masyarakat luas secara khusus di dunia pendidikan yang telah kita diterima selama ini dan kita berharap semoga perusahaan tetap sukses dalam usahanya serta semakin meningkat lagi di masa yang akan datang supaya bisa meningkatkan kontribusi bantuannya kepada masyarakat Kab.Toba.

“Tidak tanggung-tanggung, kerjasama ini mungkin akan berlanjut dengan pemberian beasiswa kepada siswa/i Toba terkhusus dari Kecamatan Habinsaran, Borbor, dan Nassau yang merupakan wilayah operasional TPL jika lulus ke SMA unggul,” tambahnya.

Manager CD/CSR & Media Relation TPL, Hemlan Silaen kepada gosumut Selasa, (07/03/2023) menyampaikan, program Bimbingan Belajar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab.Toba di tahun 2023 adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial TPL kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Dalam harapannya Hemlan Silaen menyebutkan, semoga program ini berjalan dengan baik untuk meningkatkan daya saing siswa/i untuk dapat lulus di SMA Unggul pilihannya masing masing.progran ini sekaligus mendukung program Kabupaten Toba unggul dan bersinar dalam memberdayakan sumber daya manusia.

“Mewakili perusahaan, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Toba dan pihak sekolah SMP di Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau dalam pelaksanaan kegiatan Bimbingan Belajar ini. Semoga dengan bekal pendidikan yang baik, para siswa/i ini dapat menjadi generasi muda yang mandiri dan berprestasi serta menjadi agen dan Motor penggerak perubahan untuk pembangunan masyarakat terkhusus di Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau.”

“Manfaatkanlah momen ini dengan semaksimal mungkin dengan keyakinan di dalam diri masing-masing siswa/i, bahwa mereka bisa.untuk mencapai keberhasilan adalah diri mereka masing-masing bukan orang lain,” tutup Hemlan.