LANGKAT -Selmi (47) Pecatur Penyandang Disabilitas dari Dusun Salang Agar, Desa Simpang Pulau Rambung, Kecamatan Bahorok berniat mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Perpanas) 2024 Aceh-Sumut.
 

Perpanas melibatkan National Parlympic Comminitte (NPC) serta penyandang Distabilitas potensial sebagai peserta lomba.

Selmi, saat ditemui di kediamannya Senen (6/3/2023) mengatakan berniat mengikuti pertandingan itu. Namun tidak tahu bagaimana cara agar mendapat fasilitas dari Pemkab Langkat melalui dispora ujarnya sedih.

Menurutnya sudah sering mengikuti latihan untuk persiapan lomba di daerah Glugur kota Medan dengan biaya sendiri. Dikatakannya kondisi dirinya berbeda dengan yang dialami rekan senasib yang berdomisili di Kodya Medan dan Pemkab Deli Serdang.

Pasalnya mereka (Medan dan Deli Serdang -red) mendapat fasilitas seperti anggaran transport pakaian seragam serta lainnya bebernya penasaran.

Selmi, Pecatur Penyandang Distabilitas yang juga memiliki sertifikat pijat tunanetra menambahkan sudah pernah mengikuti pertandingan olahraga ke beberapa daerah semasih tinggal di Medan.

Tetapi setelah pindah ke Langkat dan menetap di dusun Salang Agar desa Simpang Pulau hingga tidak pernah lagi seakan informasi juga terputus ujarnya.

Didampingi Kepala desa (kades) Simpang Pulau Rambung, Ngamanken Tarigan ditambahkannya untungnya panitia di Medan teman dekat sehingga sering menginfirnasikan perkembangan.

Makanya sering ikut latihan meski dengan dana pribadi tanpa ada yang memfasilitasi. Pria dua anak itu berharap pemkab Langkat melalui Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) bisa membantu dan mengakomodir niatnya sehingga bisa mengikuti pertandingan NPC Aceh-Sumut 2024 mendatang pungkasnya.

Terpisah kepala bidang (kabid) Dispora Langkat, Narli dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan pengurus NPC Langkat sudah ada.

Sudah berdiri kepengurusannya dan telah aktif Mas ujarnya. Sebaiknya kita berdiskusi dengan pengurus NPC mencari solusi terbaik.

Datanglah ke kantor Dispora Langkat serta ajak Selmi untuk kita diskusikan. Dispora Langkat bersedia berdialog dan mempertemukan Selmi dengan pengurus NPC.

"Silahkan buatkan jadwal, kita akan fasilitasi untuk di diskusikan bersama," bebernya dari seberang telepon genggamnya.*