PALAS - Sekitar 1.000 orang warga Kabupaten Padanglawas (Palas) meramaikan kegiatan jalan sehat bersama BUMN dalam rangka memperingati HUT ke-25 Kementerian BUMN menuju Indonesia Sehat. Secara resmi peserta jalan sehat bersama BUMN dilepas Manager PTPN IV Sosa, Sutris.SP didampingi Asisten Personalia Kebun,Jaka Lumbanraja.Dari titik start lapangan Merdeka Sibuhuan,Kecamatan Barumun, Minggu (26/2/2023).

Sebelum dilepas dilakukan  penyerahan api obor oleh Riki Masdiansyah,pimpinan Unit perwakilan dari Jamkrindo Medan,Provinsi Sumatera Utara.

Manager PTPN IV Sosa,Sutris.SP  mengatakan, peserta jalan sehat ini  terdiri dari karyawan BUMN beserta keluarga dan masyarakat umum.

"Tidak terkecuali para generasi milenial dan masyarakat pelaku UMKM juga turut serta dikegiatan jalan sehat bersama BUMN," terangnya.

"BUMN selalu maju dan memberikan kontrubusi yang bermanfaat dan menjadi BUMN yang berakhlak," harapannya.

Ia menjelaskan, jumlah peserta tersebut dihitung dari kaos, kupon undian  yang telah disiapkan oleh pihak panitia telah tersebar ke peserta jalan sehat bersama BUMN.

"Kami juga sudah cek melalui registrasi online barcode dan memang jumlah peserta mencapai 1.000 orang," ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan jalan sehat bersama BUMN di Kabupaten Palas ini  disponsori oleh BUMN yakni Jamkrindo dan PTPN IV Sosa.

Menurutnya, jalan sehat bersama BUMN tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-25 Kementerian BUMN.

Selain itu, lanjutnya, melalui jalan sehat tersebut diharapkan dapat memperkenalkan peran dan fungsi BUMN kepada masyarakat.

"Dari pihak Kementerian BUMN mengharapkan masyarakat di wilayah Kabupaten Palas ini mengetahui peran penting dari BUMN dan BUMN hadir untuk masyarakat," ujarnya.

Para peserta jalan sehat bersama BUMN menempuh rute kurang lebih sepanjang  3,5 kilometer mulai dari Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Jalan Baginda  Suaduon dan berakhir di titik finish lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun.

"Jalan sehat bersama BUMN ini juga dilaksanakan secara serentak di kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumut," katanya.

Ia menambahkan,kegiatan jalan sehat bersama BUMN juga melibatkan pelaku UMKM di daerah Kabupaten Padanglawas.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM setempat.

"Karena sektor UMKM ini merupakan salah satu prioritas dari BUMN dan UMKM menjadi tulang punggung bagi ekonomi Indonesia," ujarnya.