TOBA - Hari ketiga grand final even F1H2O World Champion Ship Lake Toba 2023 di Danau Toba, Sumut dari pukul 06.00 Wib telah ramai dihadiri pengunjung lokal dari berbagai daerah. Tampak seluruh shutle bus sebagai sarana armada transportasi angkutan penumpang yang disediakan tim Injournei dari berbagai jenis ukuran kendaraan terus aktif lalu lalang mengantar jemput wisatawan untuk memasuki kota Balige.
 
Para pengunjung diturunkan di Jalan Sisingamangaraja XII dan Jalan Patuan Anggi Kota Balige untuk selanjutnya mencari lokasi menonton grand final F1H20 World Champion Ship Lake Toba 2023 sesuai dengan tiket yang telah dimiliki masing masing.
 
Terpantau cuaca di Toba mulai dari pagi pukul 06.00 Wib pagi hinga berita ini diturunkan khususnya diperairan Danau Toba Balige lokasi gelaran F1H20 cuaca lumayan cerah walaupun awan di langit ada sebahagian berawan menghitam dan angin. 
 
Sesuai pantauan dan pengamatan dari pihak panitia kondisi cuaca tidak menghawatirkan untuk mengganggu jalannya lomba.
 
Untuk antisipasi berbagai kemungkinan kondisi cuaca sebagaimana press Conperence yang disampaikan Prof.Ir.Dwikorita Karnawati, M.Sc,Ph.D yang akrab disapa Rita selaku akademisi dan teknokrat Indonesia yang menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia (BMKG) Sabtu, (24/2/2024) meyampaikan, hari kedua kualifikasi dibatalkan dan tidak bisa dilanjutkan karena perubahan cuaca dengan kondisi ombak lumayan besar dan tiupan angin yang lumayan kencang.
 
Oleh pihak panitia telah melakukan pemantauan dan pengawasan melalui pihak BMKG serta menempatkan petugas pemantau berikut beberapa peralatan detektor pemantau cuaca dari BMKG.
 
Diakui Prof.Ir.Dwikorita Karnawati, M.Sc,Ph.D sebelumnya BMKG bekerja sama dengan Tim Injournei dan Pemerintah Daerah Kab Toba beserta beberapa Intansi pemerintahan terkait telah melakukan rekayasa cuaca demi kelancaran dan suksesnya even digelar serta telah menempatkan berbagai alat detektor canggih guna memantau kondisi cuaca baik kecepatan angin, ketinggian ombak dan kecepatan arus air di Danau Toba
 
Sebagaimana diberitakan sebelumnya F1H2O yang di gelar dihari kedua, Sabtu sore dibatalkan karena ketinggian gelombang air danau diprediksi dari 0,5 meter sampai 1,1 meter dan kecepatan angin sore itu dapat mencapai 5.2 Hz sampai 8 knot, dan perhitungan update bahkan kecepatan angin bisa mencapai 10 knot untuk hari ini Minggu,(26/2/2022).