LANGKAT -Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Langkat Sofyan Sitepu mengatakan, menghadapi Pemilu 2024, KPU sudah melakukan beberapa tahapan-tahapan. termasuk membentuk Badan Edhok dan sosialisasi. 
 
"Jadi peran media inilah sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi positif terhadap semua lapisan masyarakat, melalui pemberitaan," katanya, ketika menjadi narasumber Seminar Peran Media Menghadapi Pemilu 2024 di Rindu Alam Hotel Bukit Lawang, Langkat, Sabtu (25/2/2023).

Peran media juga bisa menghempang berita-berita hoax yang kemungkinan banyak dilansir media sosial.

Media diharapkan mampu menciptakan ruang yang memungkinkan masyarakat mendiskusikan wacana publik seperti Pemilu dari berbagai sisi, baik penyelenggara maupun peserta Pemilu, ini dikatakan memperkuat interaksi publik.

"Media terbukti mampu mengorganisir publik untuk terlibat pada suatu aktivitas politik. Di Pemilu 2024, Media harus mendorong keterlibatan aktif masyarakat, baik untuk menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu.

Sebagai peserta Pemilu, atau bahkan meyakinkan masyarakat untuk menggunakan hak politiknya, ini dikatakan mobilisasi media.

"Karena media mampu mempengaruhi publik," katanya lagi.*