MADINA - Dinas pengendalian penduduk keluarga berencana (PPKB) gencar melakukan upaya pencegahan stunting di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Koramil 13 Panyabungan juga turut berparsitipasi dalam pencegahan stunting tersebut. Pencegahan stunting kali ini dilakukan Dians PPKB Madina bersama Koramil 13 Panyabungan di Desa Rumbio dan Kelurahan Mompang Jae, Kecamatan Panyabungan Utara, Jumat (24/2/2023).
 
Di dua desa tersebut, selain melaksanakan sosialisasi pencegahan stunting kepada masyrakat, juga memberikan bantuan makanan sehat terhadap ibu hamil dan yang memiliki anak stunting. 
 
Plt Kepala Dinas PPKB Madina Elfi Mayarni mengatakan upaya percepatan penurunan stunting merupakan prioritas nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat dan produktif.
 
Dia mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya bekerja sama dengan berbagai lintas sektor seperti TNI yang sudah terjalin sejak lama.
 
Pengawalan terhadap pelayanan KB di berbagai pelayanan kesehatan, serta peran TNI dalam kegiatan penyuluhan dan konseling KB sebagai motivator KB pria maupun wanita.
 
"Wujud nyata dari kerjasama itu diantaranya adalah bersama sama turun aktif dalam pencegahan stunting ini, " kata Elfi dalam sambutanya di kegiatan tersebut. 
 
Sementara itu Danramil 13 Panyabungan Kapten Inf Abdul Kodir Harahap mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu wujud kepedulian dan peran serta satuan jajaran TNI dalam mensukseskan program kependudukan keluarga berencana dan bebas stunting. 
 
Salah satunya dengan perbaikan gizi yang bertujuan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang sehat secara optimal. 
 
"Kita siap mendukung program pemerintah kabupaten Mandailing Natal dalam hal menangani pencegahan dan penurunan stunting," ungkap Abduk Kodir. 
 
Dalam kegiatan sosialisasi dan pemberian makanan sehat bagi ibu dan bayi turut juga dihadiri Pabung Madina Mayor David Sidabutar, Kepala Puskesmas Mompang Adelina Nasution beserta perwakilan pihak kecamatan lainnya.