LANGKAT- Terjadinya musibah kebakaran di Dusun VII Desa Perkebunan Bukit Lawang kawasan perumahan eks bandang Sabtu, 18 Februari kemaren sekira pukul 14.10 WIB. menyisakan trauma tersendiri bagi korban dan masyarakat sekitar. "Tak mampu lututku bergerak," kata Sena br Ginting yang kediamannya hanya berjarak 5 meter dari Cafe Dewi yang disebut sebagai sumber api.

Tidak ada firasat dan mimpi buruk sebelumnya, ujarnya Minggu (19/2/2023) sembari meratap dan memperhatikan puing -puing material yang telah menjadi arang.

Sementara Teger Bangun salah seorang warga menuturkan PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) Bukit Lawang cepat merespon bencana itu.

Teger mengatakab sekitar 10 menit terjadinya musibah perusahaan kelapa sawit yang dulunya PTP N 2 Tanjung Morawa menurunkan timnya berawal dari penyemprotan tabung soda api. Meski tidak mampu memadamkan namun diakui memperlambat gerak api merembet.

Petugas siaga bencana dari perusahaan itu cepat hadir dilengkapi dengan seragam mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap beber Teger.

Pernyataan Teger Bangun diamini ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pendawa kecamatan Bahorok, Darna Bangun.Diuraiksnnya tak lama berselang dua unit tanki/Jonder air PT LNK tiba dilokasi. Setidaknya berisi 2700 liter/tanki siaga bergilir dilengkapi selang yang panjang.

Meski rumah tidak bisa ditolong namun berkat kesigapan warga dibantu PT LNK Bukit Lawang api mampu dijinakkan dan tidak merembet ke rumah warga lain tegas Darna.

PAC Pendawa, mengapresiasi tanggap darurat bencana dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar tandas Darna sembari acungkan jempol.

Berkaitan itu manager PT LNK Bukit Lawang, Martin L Girsang
melalui humasnya Ucok Naninggolan dikonfirmasi mengatakan perusahaan senantiasa memberi yang terbaik bagi masyarakat.

Meski belum maksimal dan sempurna namun perusahaan kerap hadir di tengah masyarakat untuk membantu. Disinggung tentang pengadaan truk air/Jonder perusahaan dipaparkannya diperuntukkan bukan hanya untuk musibah semata.

Jika ada permintaan dari masyarakat terkait kebutuhan air bersih untuk kebutuhan pesta dan hal berduka naka perusahaan menyahuti hal itu di sesuaikan dengan kebutuhan armada Jonder di perusahaan, terang Ucok.

Menjawab wartawan dijelaskan Ucok, begitu juga dengan pinjam pakai alat berat perusahaan kerap turun ke desa sekitar untuk membenahi bahkan membuka jalan baru bagi masyarakat.

PT LNK Bukit Lawang senantiasa membuka diri terhadap kepentingan masyarakat dengan aneka aksi sosial ujar Nainggolan.

Diwartakan sebelum kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk dusun VII Desa Perkebunan Bukit Lawang kecamatan Bahorok Sabtu 18/2/2023 sekira pukul 14.10 WIB.

Dua rumah terbakar berawal dari kepulan asap salah satu kamar rumah Mawar (45 thn) warga menyebut Cafe Dewi dan merembet ke rumah Ernawati (40 thn).

Meski kedua rumah korban tidak bisa ditolong namun tidak merembet ke tempat lain berkat kerja sama warga dengan PT LNK Bukit Lawang. Api dapat dijinakkan sekira pukul 15.30 WIB dan pukul 16.00 WIB satu unit mobil pemadam kebakaran+damkar Pemkab Langkat tiba di lokasi dan menyiram bersih sisa api dari musibah itu.

Kanit Reskrim Polsek Bahorok IPDA Frozy Nasution dikonfirmasi membenarkan hal itu dan dugaan sementara akibat adanya korsleting arus pendek listrik.*