MADINA - Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dikeluarkan ludes akibat terbakar. Kantor yang berada di Jalan Merdeka Kayujati, Kecamatan Panyabungan itu pu juga diapit sejumlah instansi perkantoran KPU, Polsek Panyabungan, KAU Panyabungan dan kantor Koramil 13 Panyabungan.
 
Beruntung dalam peristiwa itu petugas pemadam kebakaran tersebut tak berselang lama tiba dilokasi, sehingga api tidak merembet ke sejumlah bangunan lainnya.
 
Kepala Bidang Damkar Kabupaten Madina Maratua Ependi Matondang menyebut peristiwa kebakaran itu terjadi pada dini hari sekira pukul 03.00, Minggu (19/2/2023).
 
Peristiwa yang dilakukan membuat ludes kantor Perpustakaan itu hanya mengakibatkan plfon dan atap bangunan rusak.
 
"Iya, benar pertama kali kita dapat laporan dari personil Koramil 13 Panyabungan, lalu tak berselang lama kita sampai di lokasi," kata Maratua, Senin (20/2/2023).
 
Dalam peristiwa itu, kata Maratua, pihaknya menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan tujuh personel petugas damkar.
 
"Untuk taksiran kerugian yang mengakibatkan kebakaran kantor Perpustakaan itu belum kita tahu pasti," ungkapnya.
 
Sementara penyebab kebakaran tersebut ungkap Maratua diduga api berasal dari kabel instalasi telepon, tiang milik PLN menunju kantor Perpustakaan yang berada di pinggir jalan depan kantor Polsek Panyabungan, sehingga mengakibatkan terbakar.
 
"Dari hasil pantauan kami, di waktu terjadi kebakaran ada satu tiang kabel instalasi telepon yang terlebih dahulu terbakar jauh sekira sepuluh meter ke kantor Perpustakaan sehingga kabel yang berada di atap plafon di kantor itu ikut terbakar. Dan bukan adanya kosrleting di kantor Perpustakaan," ujarnya.
 
Dari pantauan wartawan, tiang telelon yang diduga berasal dari api yang menyebabkan kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Mandailing Natal nyaris terbakar, kabel besar yang berarus tinggi milik PLN juga ikut menempel pada tiang tersebut.