PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi  Pasaribu.CHt.MM.MSi.MH hadiri lauching Satpas pelayanan SIM di Polres Padanglawas (Palas), Jumat (17/2/2023).

"Dengan ada pelayanan pengurusan SIM di Polres Palas sebagai salah satu prestasi yang menberi dampak positip bagi kemajuan daerah untuk meningkatkan pelayanan polri presisi," kata Plt Bupati.

"Lauching pelayanan SIM ini memilik arti yang sangat penting karena dilaksanakan pada hari ini karena sebaik-sebaik hari adalah hari Jumat," ujarnya.

Atas nama pemerintah memgucapkan, selamat dan ini sebuah prestasi bagi daerah dan masyarakat karena selama ini masyarakat yang ingin mengurus SIM harus menempuh perjalanan sampai lima  jam dengan jarak tempuh lebih kurang 180 Km. 

"Selama ini masyarakat butuh waktu dua atau tiga hari untuk mengurus SIM di Polres Tapsel menunggu antrian dan lainnya. Dengan adanya pelayanan Satpas pelayanan SIM di Polres Palas tentu sangat memberi kemudahan bagi masyarakat sehingga ini merupakan terobosan prestasi," ungkap Plt Bupati.

Menurutnya, dengan adanya pelayanan ini sebagai perangkat penegak hukum untuk penertiban dijalan raya karena selama ini belum ditegakan sehingga bermuara untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Pemerintah daerah siap berkolabirasi khusus di bidang pelayan SIM di Polres Palas yang cukup membantu karena selama ini telah lama dinanti masyarakat, ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK, MSi, saat launching Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM di Mapolres Padanglawas mengatakan, dengan diresmikannya lauching Satpas pelayanan SIM di Mapolres Palas sejak diresmikan tiga tahun dua bulan yang lalu baru sekarang ada pelayanan pembuatan SIM.

Bahkan dari 19 Polres yang baru di seluruh Indonesia hanya enam Polres yang mendapat fasilitas pelayanan pembuatan SIM, salah satunya termasuk Polres Padanglawas.

“Tentu ini telah dapat menjawab harapan dan keinginan masyarakat terkait pelayanan pembuatan SIM. Di mana setiap kali Jumat curhat turun ke masyarakat, selalu berharap agar di Polres Padanglawas ada peleyanan pembuatan SIM,” ujarnya.

Usai peresmian Satpas Pelayanan SIM, Kapolres Palas serahkan langsung menyerahkan SIM terbaru dengan menggunakan barcode kepada Plt Bupati Padanglawas, ketua DPRD,Amran Pikal Siregar, dan Kajari Padanglawas, Teuku Herizal.SH.MH

Turut hadir dalam kegiatan launching Satpas SIM itu Ketua MUI Kabupaten Padanglawas, H. Ismail Nasution, Lc, MTH, unsur Forkopimda, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan  PJU Polres Padanglawas.