PALAS - Menyongsong satu tahun menuju Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Bawaslu Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar apel siaga pengawasan.

 

Apel siaga pengawasan tersebut diikuti kordinator divisi, Korsek, staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Palas, Selasa (14/2/2023) di halaman sekretariat Bawaslu, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

Ketua Bawaslu Palas, Rahmat Effendi Siregar SS mengatakan, Bawaslu perlu melakukan tindakan pengawasan mulai dari persiapan sampai pelaksanaan setiap tahapan pemilu 2024.

“Bawaslu dalam melakukan pengawasannya telah menyusun pedoman dan alat kerja pengawasan yang menjadi acuan kerja mulai dari level desa hingga nasional sebagai pedoman dalam melakukan pengawasan," ujarnya.

Dalam melakukan tindakan pencegahan, lanjutnya, Bawaslu berupaya meminimalisasi munculnya dugaan pelanggaran pemilu. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya mencegah pelanggaran pemilu sejak dini.

"Untuk optimalisasi itu, pihak Bawaslu membangun sistem laporan yang tersinkronisasi disetiap tingkatan," terang Rahmat Efendi Siregar.

Kegiatan apel siaga pengawasan ini, lanjut Rahmat, menyangkut beberapa aspek penting pelaksanaan proses pemilu yang berintegritas dan juga hubungan antar lembaga dengan masyarakat serta aspek partisipasi masyarakat.

Ia menekankan, perlunya peran aktif dan strategis dari seluruh masyarakat untuk mengantarkan pemilu yang barintegritas.

"Pemilu yang berintegritas dan berkualitas baru bisa terwujud dengan sinergitas seluruh stakeholder yang ada,” pungkasnya.