PaLAS - Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi MH menghadiri pencanangan Sub PIN Polio, di Desa Matondang, Kecamatan Ulu Barumun dan Desa Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Senin (13/2/2023). Pelaksanaan Sub PIN Polio tersebut dilakukan untuk merespon KLB Polio CVDPV2 yang terjadi di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh pada awal November 2022 yang lalu. 
 
"Alhamdulillah, sampai saat ini untuk Kabupaten Palas belum ditemukan kasus ini," kata Plt Bupati Palas.
 
Dikatakan, Provinsi Sumatera Utara  berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh dan dikategorikan berisiko tinggi berdasarkan hasil risk assessment maka atas rekomendasi WHO, ITAGI, OMBRA dan Kementerian Kesehatan RI, Provinsi Sumatera Utara termasuk Kabupaten Palas  harus melaksanakan Sub PIN Polio yang bertujuan untuk mencegah KLB Polio tersebut.
 
Oleh karena itu, ia mengimbau, para orangtua membawa anak balitanya ke pusat pelayanan imunisasi agar divaksin untuk menguatkan imunitas anak dan menekan risiko tertular virus polio.
 
Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Palas, Amelia Roitona Nasution, SKM menyampaikan, sasaran Sub PIN Polio adalah anak usia 0-59 bulan (< 5 tahun). Untuk Kabupaten Palas Sub PIN Polio ditargetkan sebanyak 35.936 orang anak dan dilaksanakan selama satu pekan mulai  13 sampai 19 Februari 2023.