LANGKAT -  Sebanyak 119 Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Kecamatan Bahorok dilantik. Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bahorok, Sutrisno SH, Minggu (12/2/2023) menyebutkan petugas yang dilantik ini berasal dari 19 desa/kelurahan.

Ia juga menyebutkan pelantikan ini sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU ) Nomor 8 Tahun 2022, Pantarlih berjumlah 1 orang pada tiap TPS. Pantarlih dapat berasal dari perangkat kelurahan/desa.

Tugas Pantarlih ini sebutnya, membantu KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih. Dengan melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih.

Sementara kewajiban Pantarlih meliputi, 
koordinasi dalam membantu PPS untuk menyusun daftar Pemilih hasil pemutakhiran. Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pencocokan dan penelitian kepada PPS. Pantarlih bertanggung jawab kepada PPS.

Sedangkan masa kerja petugas Pantarlih sejak 12 Februari hingga 14 Maret mendatang. Usai pelantikan diadakan apel siaga dan pembekalan petugas Pantarlih oleh PPS desa di masing-masing desa sebelum turun ke lapangan.

Hadir dalam pelantikan ini, Andri Anshari Tarigan mewakili camat, Sertu Muis Gunawan mewakili Danramil 06, wakapolsek Ipda Edi Suranta Sitepu.

Turut diundang dua Rohaniawan, ustad Azhar dan Dkn Masta br Tarigan S Kep Mars, Diah Ratna Sari  S Comp dan M Ibrahim SS Komisioner Panwaslu Kecamatan.