MADINA - Kepala Sekolah (Kasek) pada sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama se- Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dilantik, Kamis (2/2/2023). Adapun pelantikan itu dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Madina Alamulhaq Daulay di Gedung Serbaguna Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan.
 
Pelantikan itu juga sesuai dengan surat keputusan Bupati Madina Muhamad Jafar Sukhairi Nasution pada nomor 821/0241/K/2023, tentang pengakatan, pemenindahan dan pemberhentian kepala sekolah SDN dan SMPN se Kabupaten Madina.
 
Kepala sekolah SDN dan SMPN  yang dilantik tersebut berjumlah sebanyak 460 orang kepala sekolah.
 
"Kita harap kepala sekokah yang bru dilantik ini harus bisa bekerja lebih baik lagi guna meningkat mutu pendidikan. Demi melahirkan siswa-siswa yang nanti dapat mampu membawa harum nama Kabupaten Madina yang kita cintai ini agar lebih bermartabat," imbuh Sekda dalam membacakan pidato Bupati Madina.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Maadina Dollar Hariyanto Siregar mengatakan 460 kepala sekolah pada sekolah dasar dan menengah pertama yang baru dilantik tersebut merupakan hasil seleksi dari beberapa tahapan test yang telah dilakukan Dinas Pendidikan Madina pada beberapa waktu lalu.
 
"Lama tertunda karena kegiatan kita menumpuk, pada bulan 12 yang lalu sudah selesai sebenarnya tahapan seleksi yang dilalui dan ini (pelantikan kepala sekolah SDN-SMP hari ibu) adalah bagian dari pada tahapan yang kita lalui. Jadi pada kesempatan ini dan ini lah hasil uji kelayakan kepala sekolah itu," kata Dollar.
 
Untuk itu, sebut Dollar bahwa pihaknya tentu utuk ikedepannya tidak sembarangan lagi merekrut dari pada kepala sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Madina.
 
"Karena ada tahapan yang harus kita lalui, untuk berikutnya juga kita akan melakukan uji kelayakan karena priode tang sekarang masih ada kepala sekolah yang juga menjelang pensiun dan yang belum terangkat dari uji kelayakan ini juga masih ada pensiun," ucapnya.
 
Dia berharap untuk kepala sekolah yang baru dilantik tersebut bekerja dengan maksimaldan kekurangan yang dihadapi selama ini dapat dibenahi sedemekian rupa. Sehingga kedepannya pendidikan di kabupaten Madina ini dapat menjadi lebih baik lagi.
 
"Seperti yang disampaikan bapak Bupati Mandailing Natal bahwa pembenahan khususnya bidang pendidikan kita harapkan manegerial kepengurusan kepala sekolah yang baru yang selama ini menjadi tantangan bagi kita, hari insyaalah sudah kita bisa jawab dengan mengangkat resmi kepala sekolah yang selama ini hanya menjadi Plt," imbuh Dollar