MEDAN - Penyelenggaraan Balap F1H2O yang akan diselenggarakan di Danau Toba pada tanggal 24-26 Februari 2023 yang akan datang tinggal menghitung hari.

 

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi secara langsung menunjuk Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas menjadi ketua Pengamanan SAR, sehingga Basarnas sejak beberapa Minggu lalu sudah memulai melakukan persiapan, mulai dari rapat lintas sektoral bersama instansi terkait dan juga secara langsung melaksanakan survey lokasi pelaksanaan Balap F1H2O.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Bapak Agus Haryono, S.S., M.B.A, memimpin secara langsung Rapat Persiapan bersama Instansi terkait dalam rangka simulasi Pengamanan Balap F1H2O yang akan berlangsung di Danau Toba.

Dalam sambutannya. Agus mengatakan Rapat kali ini secara spesifik membahas terkait pelaksanaan simulasi Pengamanan khususnya di bidang SAR dimana yang menjadi ketua PAM SAR adalah Bapak Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas.

"Basarnas telah siap dalam mendukung penyelenggaraan Balap F1H2O ini, dengan memaksimalkan pengerahan personil, Alut dan peralatan." ucapnya.

"Pertemuan ini bertujuan agar semua instansi yang terlibat memiliki persepsi dan tujuan yang sama, tidak lain ialah untuk mensukseskan Penyelenggaraan Balap F1H2O, sehingga dihasilkan keputusan dalam pembagian personil, alut dan peralatan yang disebar disetiap titik-titik disekitar lokasi Balap F1H2O." tambahnya.

Selain itu, Kepala Kantor SAR Medan Budiono, S.E., M.M. mengatakan Kantor SAR Medan akan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Balap F1H2O ini, baik dukungan personil, Alut maupun peralatan.

"Danau Toba merupakan wilayah kerja Kantor SAR Medan, sehingga dengan adanya penyelenggaraan Balap F1H2O ini, Kantor SAR Medan juga akan hadir sebagai tuan rumah untuk berkoordinasi dari berbagai instansi yang terlibat dalam rangka pengamanan Balap F1H2O dan nantinya simulasi TFG (Tactical Floor Game) yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2023 mendatang sebagai wujud keseriusan Basarnas melalui Kantor SAR Medan dalam upaya mendukung penyelenggaraan Balap tersebut." terangnya.

Peserta rapat terdiri dari unsur TNI AD, TNI AL, Polairud, Ditsamapta Poldasu, Dinas Kesehatan, BMKG, BPBD Provsu, Brimob Polda Sumut.