LANGKAT - Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SIK SH MH yang baru menjabat menyebutkan perlunya saling bersinergitas dalam menjalankan tugas ke depan. Hal itu diungkapkan Kapolres kepada wartawan anggota PWI Langkat, dalam silaturahmi perdana Kapolres Langkat kepada wartawan anggota PWI yang bersertifikat dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers,  di Mapolres Langkat, Selasa (24/1/2023). 

"Perlunya informasi timbal balik dari wartawan dan Polres Langkat, dan berita yang disajikan oleh media harus berimbang dan bersifat mendidik," katanya

Kapolres didampingi Waka Polres Langkat Kompol Hendri Nupia Dinka Barus SH SIK, Para PJU Polres Langkat, Para Kasi dan Perwira Polres Langkat. 

"Saya minta maaf apabila kedepannya pihak media meminta nama pelaku tindak pidana yang belum tertangkap, karena apabila nama pelaku disampaikan, maka pencarian terhadap pelaku akan makin susah," kata Kapolres lagi.

Sementara, Ketua PWI Langkat M Darwis Sinulingga, menyampaikan kepada Kapolres, jika terdapat kasus pelaporan oleh seseorang masalah berita yang sifatnya produk jurnalistik, maka, polisi tidak serta merta melakukan upaya pidana.

Sebelum ada klarifikasi tentang persoalan produk jurnalistik yang diadukan seseorang akibat pemberitaan yang sifatnya merupakan produk jurnalistik. 

"Sudah ada konstituen antara Dewan Pers dengan Kapolri dan Kejaksaan Agung tentang klarifikasi produk jurnalistik untuk menerapkan pidana terhadap wartawan. 

Karena ada pasal - pasal dalam UU Pers No 40 tahun 1999. Pekerja Pers dilindungi UU selagi masih dalam ketentuan dan koridor tugas jurnalistik wartawanan," kata Darwis Sinulingga. 

Disampaikan Darwis, pada bulan Februari mendatang Hari Pers Nasional (HPN) dipusatkan di Sumatera Utara. Sementara di kabupaten Langkat akan diadakan bakti sosial dengan membagikan 4500 karung beras kepada warga terdampak styunting urai Darwis.

PWI adalah lembaga wartawan tertua di Indonesia dan sudah diakui sehingga wartawan yang tergabung di PWI menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, pungkasnya.

Dalam pertemuan PWI Langkat dengan Kapolres diadakan juga dialog bertujuan menjalin sinergitas membangun Langkat.