MEDAN - Guna memaksimalkan pembangunan Kota Medan di tahun 2023, Pemko Medan melalui Bappeda Kota Medan menggelar Rapat Kerja Koordinasi Pengendalian Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Tahun 2023 di Hotel Santika Dyandra Medan, Kamis (19/1/2023). Rapat kerja ini dibuka langsung oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Hadir di situ Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, para pimpinan OPD, Camat, Lurah dan para pimpinan Perusahaan Daerah Kota Medan.

Dalam rapat kerja tersebut sejumlah poin penting disampaikan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, diantaranya tentang kondisi global saat ini. Sesuai dengan arahan dari  Presiden RI Joko Widodo dalam rapat kerja nasional Kepala Daerah beberapa waktu yang lalu bahwa 1/3 belahan dunia diprediksi akan mengalami resesi di tahun 2023. Artinya kurang lebih 70 negara akan mengalami resesi ditahun 2023, sedangkan negara yang tidak mengalami resesi ratusan juta penduduknya akan merasakan seperti sedang resesi.

"Walaupun negaranya tidak mengalami resesi, namun masyarakatnya seolah-olah akan mengalami resesi. Kondisi ini yang menjadi tantangan bagi kita Pemko Medan, meski demikian kita tetap optimis target-target yang telah disepakati ditahun 2023 harus dapat tercapai,"  kata Bobby. 

Oleh karena itu dengan adanya tantangan tersebut Wali Kota Medan Bobby Nasution tidak ingin mendengar ada alasan kondisi ekonomi global maupun kondisi ekonomi di Indonesia yang menjadi penghambat pembangunan. "Prediksi resesi ini bukan baru hari ini kita dengar, selama ini kita telah menentukan target-target yang telah kita sepakati. Dan target ini harus bisa berjalan," ujarnya sebagaimana dikutip dari portal. pemkomedan.go.id.

Untuk mencapai target-target yang telah disepakati di tahun 2023 tersebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution memaparkan sejumlah aspek khususnya dalam mencapai target Pendapat Asli Daerah (PAD).

Menurut Wali Kota Medan lagi, target pencapaian PAD bukan hanya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) dari Badan Pendapatan Daerah Kota Medan saja melainkan menjadi PR oleh semua OPD. "Semua OPD memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan PAD Kota Medan, jadi jangan ada yang merasa apabila PAD tidak mencapai target itu karena kesalahan Kepala Badannya, namun semua OPD mempunyai andil dalam hal ini," katanya. 

Selain itu Wali Kota Medan Bobby Nasution juga menyampaikan bahwa salah satu kunci utama dalam meningkatkan PAD Kota Medan ialah dengan mempermudah investasi di Kota Medan, oleh sebab itu iklim investasi di di tahun 2023 harus bisa lebih baik lagi.

"Aturan dalam investasi ini jangan dibuat terlalu panjang, temani investor itu untuk masuk ke Kota Medan, kasih mereka informasi seluas-luasnya termasuk informasi tentang investasi apa yang kita butuhkan hari ini. Kita memiliki penduduk yang besar di Sumatera, tentunya ini menjadi potensi bagi kita untuk mengundang para investor," jelas Bobby.*