MEDAN - Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara dan Kantor Kementerian Agama 33 kabupaten/ kota di Sumatera Utara, menggelar jalan sehat kerukunan dan senam toleransi serentak bersama seluruh Kantor Kemenag se Indonesia, Sabtu 14/1/2023). Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama RI. Khusus Kanwil Agama Sumut dan Kantor kemenag Medan, menggelar acara tersebut di Lapangan Sepakbola Sejati Medan.
 
Acara tersebut dihadiri langsung ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumut Drs H. Amri Siregar didampingi kepala tata usaha, Kepala Bidang di lingkungan Kemenag Sumut, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Medan, Dr H.Impun Siregar dan tokoh lintas agama,dengan 5000 peserta jalan sehat, serta senam
baik internsl ASN Kemenag juga para guru dan siswa sekolah madrasah agama di kota Medan.
 
Dalam kesempatan tersebut tokoh lintas agama dan pemuda lintas agama Sumatera Utara, mendeklarasikan berbagai poin komitmen.
Butiran komitmen deklarasi damai umat beragama berbunyi :
 
1. Memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi Anugerah terbesar bangsa Indonesia.
 
 2. Mengukuhkan gerakan moderasi beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis
 
 3. Menghindari segala bentuk ujaran kebencian berita bohong dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosial akibat polarisasi politik
 
 4 .Berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye atau aktivitas politik praktis sebagaimana larangan yang tertuang dalam undang-undang pemilu.
 
Adapun empat poin deklarasi damai umat beragama Sumut dibacakan Prof Dr H.Asmuni dan diikuti secara bersama-sama tokoh lintas agama, dihadapan kepala Kanwil Kemenag Sumut Drs H Amri Siregar, Kepala Kantor Kemenag Kota Medan Dr H Impun Siregar.
 
Setelah itu naskah deklarasi damai beragama, ditanda tangani perwakilan tokoh lintas agama.
 
Acara juga dimeriahkan dengan pemberian hadiah lucky draw kepada peserta yang beruntung seperti sepeda televisi kulkas kompor gas dan puluhan barang berharga lainnya.
Kepala akan memiliki menaksir Drs Haji Amri Siregar maupun Kepala Kantor Kemenag Kota Medan dokter haji Impun Siregar nyatakan kegembiraan dan kebahagiaan atas terlaksananya acara tersebut karena diikuti sekitar 5000 peserta.