KARO - Video viral yang menunjukkan aksi bullying yang dilakukan pelajar yang masih mengenakan seragam sekolah salah satu SMP di Kabupaten Karo terhadap teman sekolahnya berujung perdamaian. Sebelumnya video yang sempat membuat heboh masyarakat Karo tersebut terjadi pada Selasa (10/1/2023) di Jalan Irian Kabanjahe. Menanggapi viralnya video tersebut, Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Karo langsung bergerak cepat mengidentifikasi dan langsung melakukan penjemputan baik dari pelaku maupun korban. 
 
Kasat Reskrim Polres Tanah Karo, AKP. Aryya Nusa Hindranawan S.I.K menyebutkan pihaknya telah menjemput dan memanggil semua pihak baik pelaku maupun korban beserta para orangtua, maupun pihak sekolah yang bersangkutan. 
 
"Kami berinisiatif untuk melakukan penjemputan terhadap pelaku dan korban untuk membantu menyelesaikan persoalan tersebut," ucap Aryya, Jumat (13/1/2023). 
 
Setelah dilakukan penjemputan dengan didampingi orang tua pelaku maupun korban, Satreskrim Polres Tanah Karo melalui Unit PPA mencoba melakukan mediasi terhadap pihak-pihak terkait. 
 
"Karena para pelajar yang terlibat ini masih di bawah umur, sehingga kami meminta pendampingan oleh orang tua masing-masing, maupun pihak sekolah, serta didampingi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karo. Alhamdulillah hasilnya para pihak bersepakat untuk berdamai," tambah Aryya. 
 
Kemudian setelah bersepakat untuk berdamai, kepolisian menyerahkan penyelesaian kepada pihak keluarga.
 
"Berhubung, sebenarnya antara pelaku maupun korban masih ada ikatan keluarga, sehingga proses mediasi berjalan dengan lancar," Kata Arrya. 
 
Ia mengimbau kepada orang tua dan pihak sekolah untuk mengawasi prilaku anak dan mengajarkan nilai tata kerama agar kejadian serupa tidak terulang kembali.