PALAS - Upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat untuk urusan Eazy Paspor, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Kabupaten Padanglawas hadirkan Imigrasi Sibolga di Palas. Hal itu disampaikan Kepala Dinas PMP2TSP Kabupaten Palas, Nurudin Samosir S.Sos M.Si di dampingi Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Imigrasi Sibolga, Febri kepada Go Sumut di Sibuhuan, Rabu (11/1/2023).
 
Menurut Nurudin, kehadiran Imigrasi Sibolga di Kabupaten Palas secara khusus memberikan layanan prima untuk pengurusan dan perpanjangan eazy paspor khusus bagi masyarakat umum dan khusus lanjut masyarakat usia atau renta.
 
"Antusias masyarakat yang mengurus eazy paspor untuk hari ini saja mencapai 59 orang pemohon untuk kepentingan umroh dan wisata, kalau tidak kita batasi besar kemungkinan mencapai ratusan lebih," kata Nurudin yang diamini Ferbri.
 
Kata Nurudin, Pemerintah Kabupaten Palas melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) memfasilitasi dengan pihak Imigrasi Sibolga untuk kegiatan program eazy paspor yang bertujuan memberikan kemudahan dan keringan kepada masyarakat tanpa harus ke Sibolga untuk mengurus paspor.
 
"Kegiatan pelayanan eazy paspor bagi masyarakat Palas oleh Imigrasi Sibolga berlangsung selama dua hari mulai 11-12 Januari 2023 bertempat di kantor (DPMP2TSP) Kabupaten Palas di Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan," katanya.
 
Ia menambahkan, bagi masyarakat yang telah melunasi pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke pihak Imigrasi Sibolga dalam waktu empat hari sudah selesai buku paspornya yang bisa diambil di DPMP2TSP Kabupaten Palas.
 
Sebelumnya, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Intel Dakim) Imigrasi Sibolga, Febri menjelaskan, memberikan layanan khusus kepada masyarakat secara langsung terjun ke daerah Palas ini juga berkaitan dengan rangkaian Hari Jadi Imigrasi ke 73 Tahun 2023.
 
"Pelayanan eazy paspor ini sebagai bentuk kerjasama antara DPMP2TPS Kabupaten Palas dengan pihak Imigrasi Sibolga dalam membuka layanan paspor khususnya bagi masyarakat lansia atau renta (usia tua-red)," ujarnya.
 
Febri menambahkan, masyarakat yang antusias mengurus eazy paspor di daerah ini cukup tinggi, sehingga pihak bisa hadir secara langsung di Kabupaten Palas untuk memberikan layanan khusus.
 
"Bagi setiap daerah Kabupaten dan Kota wilayah Tabagsel, dengan jumlah pemohon minimal 50 orang pemohon untuk pengurusan eazy paspor, pihak Imigrasi Sibolga bisa hadir langsung ke daerah setempat untuk membuka pelayanan," pungkasnya.