MEDAN - Lurah Teladan Barat, Juni Hardian berjanji akan membantu pengurusan dokumen berharga milik korban kebakaran di Gang Perhubungan Lingkungan XIII, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota. Hal tersebut disampaikan Lurah Teladan Barat, Juni Hardian saat menyambangi rumah keluarga korban kebakaran tersebut di atas, Minggu (8/1/2023).

"Kami mendapat laporan telah terjadi kebakaran di salah satu rumah warga. Saat itu, kami langsung bergegas bersama jajaran Kepala Lingkungan dan Karang Taruna Teladan Barat segera menuju lokasi kejadian," ujar Lurah Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Juni Hardian.

Lurah Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Juni Hardian juga menuturkan, dibutuhkan 2 unit Pemadam Kebakaran untuk memadamkan api. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk memadamkan api.

Kendati tidak ada menelan korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun korban mengalami kerugian materil yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, termasuk sejumlah dokumen bergharga yang hangus dilalap si jago merah.

"Karena itu, kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Lingkungan XIII untuk mendata kerugian apa saja yang dialami korban terutama untuk surat-surat berharga terkait dengan administrasi kependudukan, sertifikat tanah dan surat-surat lainnya. Nanti kami bantu pengurusannya ke instansi-instansi terkait," tutur Lurah Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Juni Hardian.

Lebih lanjut dijelaskan Lurah Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Juni Hardian, bahwa pemerintah akan selalu hadir di tengah masyarakat dan ini sesuai dengan instruksi Walikota Medan agar gerak cepat untuk menangani permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Kami sangat prihatin atas musibah ini. Kepada Ibu Etika yang terkena musibah untuk tetap sabar. Selain, itu kami mengimbau kepada warga agar berhati-hati dan selalu waspada. Juga tidak disarankan untuk membakar sampah sembarangan, karna bisa menimbulkan percikan api dan menyebabkan kebakaran," jelas orang nomor satu di Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota ini.

Apalagi, kata Lurah Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Juni Hardian, selalu ada petugas kebersihan yang setiap hari datang untuk memungut sampah.

"Selalu ada petugas kami yang setiap hari datang untuk mengambil sampah dari rumah kerumah. Karna, penanganan kebersihan merupakan salah satu dari Lima program prioritas Walikota Medan, Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution," ungkap Lurah Teladan Barat, Kecamatan Medan Barat, Juni Hardian.

Sebelumnya, kebakaran yang terjadi pada Pukul 02: 30 dini hari itu menghanguskan satu unit rumah, serta surat-surat berharga milik Etika di Gang Perhubungan Lingkungan XIII, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, api diduga berasal dari sisa pembakaran sampah.

"Awalnya saya melihat ada asap yang mengepul di bagian depan rumah dan mengeluarkan percikan api. Lalu saya berteriak meminta bantuan kepada warga yang lain karena api semakin membesar," kata Etika, korban kebakaran.*