TAPTENG -Sebanyak 1.948 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara mengikuti tes tertulis Pemilu Tahun 2024, Senin (9/1/2023).
 
Seleksi yang mendapat pengawasan dari Bawaslu Tapanuli Tengah dan Panwascam ini digelar di 3 lokasi berbeda yakni di GOR Pandan, SMAN Sibabangun, dan SMAN Andam Dewi.

Ketua KPU Tapanuli Tengah, Azwar Sitompul, SH, mengatakan, seleksi penerimaan calon anggota PPS Pemilu Tahun 2024 memasuki tahapan seleksi tertulis, setelah sebelumnya dilaksanakan seleksi administrasi.

"Penerapan wilayah ini untuk mengefisiensikan jangkauan lokasi para peserta," kata Azwar.

Terkait materi yang diujikan, Azwar mengatakan tentang kepemiluan, undang-undang, integritas, sejarah dan kewarganegaraan, dengan jumlah pertanyaan sebanyak 75 soal, durasi waktu 90 menit.

Lebih jauh dijelaskan, usai tes tertulis, pihaknya akan menetapkan calon anggota PPS yang lolos dan berhak mengikuti tes wawancara. Sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022, jumlah calon yang ditetapkan paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan anggota PPS setiap Desa/Kelurahan dengan mengurutkan sesuai abjad.

"Usai tes tertulis, kita akan menetapkan calon PPS paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan anggota PPS setiap Desa/Kelurahan dengan mengurutkan sesuai abjad, yang nantinya akan mengikuti tes wawancara," timpal Azwar.

Sebagaimana diketahui, antusias warga Tapanuli Tengah untuk menjadi penyelenggara Pemilu 2024 terbilang cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pendaftar calon anggota PPS yang hampir mencapai 2 ribu orang.