PALAS - Ketua KPU Kabupaten Padanglawas melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan( PPK) terpilih penyelenggara pemilihan umum tahun 2024, di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Rabu (4/1/2023). Pelantikan diawali pengambilan sumpah dan penandatanganan fakta integritas oleh perwakilan PPK yang dilantik.
 
Plt Bupati Palas,drg.H. Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi.MH mengatakan, PPK yang dilantik ini telah memiliki legal formal untuk melaksanakan penyelenggara pemilu.
 
"Produk yang anda hasil akan melahir legislatif, gunernur, bupati, inilah tugas mulia untuk kesejahteraan masyarakat secara umum," pesannya.
 
Ia juga mengingatkan, bangunlah sinergitas dengan baik agar pekerja yang berat itu menjadi ringan. Karena tugas yang saudara laksanakan merupakan tugas mulai untuk demokrasi yang jurdil.
 
"Jaga independi,kualitas dan integritas dalam penyelenggara pemilu dan terus tingkatkan kualitas sesuai amanah yang diberikan kepada saudara," pesannya.
 
Bangunlah koordinasi yang baik dalam penyelesaian dilapangan dapat terselesaikan dengan baik atas peran semua stakholder yang ikut membantu penyelrnggara pemilu karena tugas ini adalah tugas ibadah, tambahnya.
 
Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Palas,Indra Syahbana Nssution.SH mengatakan, pelantikan anggota PPK ini merupakan hasil proses perekrutan yang dilaksanakan KPU.
 
“Setelah mengikuti berbagai proses tes yang kita laksanakan, sehingga terpilih 85 anggota PPK yang kita lantik hari ini dari tujuh belas  kecamatan yang berada diwilayah Kabupaten Palas,” katanya.
 
Anggota PPK disetiap kecamatan berjumlah 5 orang, karena ada 17 kecamatan, maka jumlah anggota PPK se Kabupaten Palas berjumlah 85 orang.
 
"Anggota PPK ini akan bertugas di 17  Kecamatan se wilayah Kabupaten Palas," terangnya.
 
“Kita berharap dengan telah dilantik agar bisa membantu kita untuk menyelenggarakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan DPD,DPR RI,DPRD Provinsi dan Kabupaten serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pilkada tahun 2024," ucapnya.
 
Indra Syahbana menjelaskan,pelantikan ini bukan sekedar seremonial tetapi tanggungjawab dan beban tugas berat yang menanti kita dalam penyelenggaraan pemilu 2024.
 
Menurutnya, dalam menyelenggarakan tahapan penyelenggaraan pemilu  memerlukan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah,Forkopimda maupun masyarakat.
 
"Jadilan petugas penyelenggara pemilu yang tidak mencampuri konflik tetapi menyelesaikan konflik dengan menciptkan pemilu yang dengan senyum yang menciptkan pemilu demokrasi yang berkualitas dan bermartabat,"pungkasnya.
 
Hadir dikegiatan pelantikan, Kapolres Palas,AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi, Perwira Penghubung Kodim 0212/TS, Kapten Arh Saleh Hasibuan, mewakili Kejari Palas, Ketua PN Sibuhuan dan sejumlah Pimpinan OPD serta para Asisten jajaran Pemkab Palas.