TOBA - Arus balik Nataru H+1, Senin (2/1/2023) di sepanjang Jalan Negara Lintas Sumatera (Janlinsum) Kabupaten Toba mengular hingga ribuan meter.

Ramainya arus balik ini, setelah warga merayakan Nataru 2022/2023 di wilayah kampung masing masing dan selesai menikmati liburan wisata di berbagai lokasi di kawasan Danau Toba.

Pantauan www.gosumut.com arus kendaraan yang balik setelah usai mudik Nataru 2022/2023 tampak mulai ramai dan memadat dari Pukul, 08.00 Wib hingga siang pukul 13.00 Wib.

Ribuan kendaraan terus bergerak melintas dari berbagai wilayah daerah Kabupaten/Kota terus melintas membuat arus Lalulintas ssmakin ramai dan padat hingga berjalan melambat bak semut dan mengular memanjang sampai Ribuan Meter.

Cepatnya arus balik usai Nataru tampaknya untuk mengejar waktu masuk kerja dan masa masuk sekolah yang sudah akan dekat.

Di sejumlah pos titik pantau pengawasan Lalulintas disepanjang Jnlinsum Kab Toba tampak seluruh personil petugas Pos Pam Ops.Lilin Toba 2022 terus bergerak aktif mengawasi dan mengatur serta mengarahkan kendaraan yang melintas supaya terus bergerak dsngan hati hati.

Seperti di Pos Pam Ops Lilin Toba 2022  Simpang Siraituruk Desa Simpang Siguragura Kec Porsea, Kota Porsea, Kota Silimbat dsngn persimpngan Janlinsum ke Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nasau, dwmikian juga di di Pos Pam Ops Lilin Toba 2022  Kota Laguboti, Simpng Jalan Balige Bypass hingga ke Simoang Balige Bypass Desa Longat berikut di Kota Balige.

Dalam pelaksanaan pengawasan, pemantauan untuk mempwrlancar arus Lalulintas di pengmanan Arus Balik mudik Nataru 2022/2023 turut bergabung dari peraonil Pol PP Kab Toba, Dinas Perhubungan Toba, TNI dan dibantu dari personil Pramuka Kwarcab (Kwartir Cabang) Kab Toba berikut tim Medis dan DAMKAR dari Pemkab.Toba stanbay di setiap Pos Pam sepanjang Janlinsum Kab.Toba.

Iptu.Jefriadi Silban,SH,MH Perwira pengawas Lapangan Pospam Ops Lilin Toba 2022 di Pos Pam Simpang Jalan Balige Bypass Tambunan Kec.Balige dalam penuturannya kelda www.gosumut.com saat dikonfirmasi menyebutkan, untuk arus balik mudik Nataru H +1 (Senin, 2/1/2023) tampak mulai ramai dan arus kendaraan memadat.

"Dilihat dari ramainya kendaraan yang melintas, ini tampaknya seperti puncak arus balik mudik Nataru 2022/2023 ini.hal karena dari pagi pukul 07.00 wib sudah ramai sekali.bisa jadi hingga nanti malam arus kendaraan ini akan semakin lebih ramai dan padat mengingat mungkin masa cuti kerja sudah usai ditambah masuk sekolah sudah mulai mendekat," sebutnya.

"Kepada seluruh pengemudi yang akan balik usai merayakan Nataru 2022/2023 untuk kembali ke daerah asal mereka supaya tetap berhati hati dan waspada.karena disetiap waktu perjalanan berbagai kemungkinan kecelakaan bisa terjadi.bila merasa kelelahan atau capek apalagi ada rasa mengantuk silahkan cepat beristirahat, pulihkan kesehatan demi keamanan dan keselamatan diri dan keluarga demikian juga pengguna jalan lainnya selama dalam perjalanan," ucapnya mengimbau.