MADINA - Jelang tahun baru harga kebutuhan pokok di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bergerak naik. Harga kebutuhan pokok yang terpantau naik itu ada sekitar Rp dua ribu hingga sampai Rp 5 ribu.
 
Seperti halnya di pasar tradisional Panyabungan, Kecamatan Panyabugan, Kabupaten Mandailing Natal, Jumat (30/12/2022).
 
Harga ayam misalnya saat ini terpantau naik sebesar Rp 7 ribu, menjadi Rp 32 ribu hingga 35 per kg, padahal sebelumnya masih dikisaran Rp 28 ribu per kg. Sedangkan ayam merah naik sebesar Rp 65 ribu yang sebelumnya Rp 55 ribu per ekor.
 
Sementara untuk harga minyak goreng juga ikut naik sebesar Rp 16 ribu per liter, sebelumnya masih Rp 14 ribu per liter. Sedangkan harga telur dijelang tahun baru ini mengalami penurunan sebesar Rp 2 ribu sebelumnya Rp 54 ribu per papannya.
 
Ditambah dengan harga cabai, untuk cabai keriting juga mengalami penurunan, yang sebelumnya dikisaran harga Rp 35 ribu per kg saat ini Rp 25 per kg. Dan harga beras sebesar Rp 12 per kg.
 
Salah seorang pedagang mengatakan untuk jelang tahun baru ini memang ada sejumlah harga kebutuhan pokok yang nain tapi masih relatif stabil. Kemudian ada juga yang mengalami penurunan.
 
Disisi lain pada jelang tahun baru ini juga kata pedagang belum ada pelonjak pembeli dan masih terlihat seperti aktivitas biasa.
 
"Sepekan menjelang perayaan Natal dan tahun baru beberapa barang jualan kita harganya turun dan ada juga yang naik tapi tidak terlalu besar. Tapi kalau aktivitas jual beli disini saat ini masih terlihat biasa biasa saja," kata Zul, seorang pedangan pasar baru Panyabungan.