TOBA – Sebelum perayaan Natal Oikumene Kab.Toba, Selasa (27/12/2022) bertempat di Sopo Parsaoran Nauli Tambunan Kec. Balige, Tim Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Sumut bersama Personil Polres Toba lakukan sterilisasi dalam rangka acara Perayaan Natal tahun 2022 di jajaran Pemkab Toba. Petugas dari Tim Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Sumut dipimpin oleh Katim Composite Jibom Detasemen Gegana Aiptu Bambang Sudirmanto dan didampingi oleh Ipda Jefriadi Silaban, SH, MH selaku Padal Polres Toba.

Petugas dari Tim Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Sumut dalam melakukan sterilisasi memakai atribut lengkap dengan peralatan MD 2000, metal detector, mirror set, Senter, body armour EOD 8, body vest dan helm, bom blanket, disruptor, kabel demolisi, powgal, senjata styer 1 pucuk dan kendaraan 1 Unit Isuzu Elf EOD 8.

Seluruh personil menyisir secara merata seluruh halaman dan ruangan gedung Sopo Parsaoran Nauli serta seluruh sudut yang akan digunakan dalam perayaan natal Oikumene Pemkab Toba.

Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb, S.H,S.I.K melalui Padal Ipda Jefriadi Silaban,S.H,M.H, mengatakan sterilisasi Sopo Parsaoran Nauli dilakukan sebelum di mulainya ibadah perayaan Natal guna memberikan rasa aman dan nyaman sehingga masyarakat dapat beribadah dengan khidmat.

“Sterilisasi dilaksanakan sesuai SOP Kepolisian dalam upaya pemeriksaan dan peningkatan pelayanan pengamanan dalam memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif kepada para jemaat di masa perayaan natal saat ini dari berbagai gangguan dan ancaman Kamtibmas,” katanya.

“Penyisiran kita lakukan mulai dari halaman Sopo Parsaoran Nauli serta ruang utama yang akan digunakan dalam perayaan Natal Oikumene Kab. Toba Tahun 2022," sebutnya.

Diharapkan dengan adanya sterilisasi tetsebut para jemaat akan merasakan keaman dan kenyamanan selama perayaaan natal digelar hingga selesai, dengn telah dipastikannya Sopo Parsaoran Nauli aman dari berbgai dugaan ancaman atau gangguan keamanan yang tidak diinginkan.

Selama penyisiran di Sopo Parsaoran Nauli digelar, tim Gegana tidak ada menemukan sesuatu yang dianggap mencurigakan serta membahayakan.

“Namun begitu kami tetap menghimbau kepada para jemaat dan warga lainnya yang akan merayakan Natal untuk tetap waspada serta secara bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Toba sebagaimana makna Natal yang membawa kebahagiaan dan kedamaian," ungkapnya.*