PALAS - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padanglawas, H. Abdul Manan.MA dan seluruh ASN di lingkungan Kemenag mengikuti survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) berbasis Computer Assisted Test (CAT). Kegiatan yang digelar Kementerian Agama RI tersebut berlangsung di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Palas.
 
"Survei IPMB dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, survei ini diikuti oleh seluruh Pegawai ASN Kementerian Agama yang dilaksanakan secara serentak berbasis lokasi kabupaten/kota, Selasa (27/12/2022) pada titik lokasi yang telah ditentukan," kata H.Abdul Manan.MA, Rabu (28/12/2022).
 
Kata Abdul Manan, untuk ASN di lingkungan Kemenag Palas dilaksanakan di tiga titik lokasi Aula PLHUT Kantor Palas, Aula MAN 1 Palas  dan Aula MTsN 1 Palas.
 
Sementara itu,Koordinator Kepegawaian Warisatul Mukminah Siregar, S.HI dan Analis Kepegawain Ahli Pertama Dini Ramadhani, S.E, menjelaskan peserta dibagi dalam empat sesi kegiatan.
 
“Setiap sesi terdiri dari 30 peserta dan  di wajib membawa laptop dan handphone/modem untuk tethering internet dan wajib melakukan instalasi Safe Exam Browser (SEB) pada laptop yang akan digunakan,” jelasnya.
 
Ia menambahkan, dua hari sebelumnya telah dilaksanakan Gladi Resik CAT IPMB mulai  24-26 Desember 2022 melalui system aplikasi.
 
Di saat pelaksanaan, lanjutnya para peserta mengikuti tes ini adalah seluruh Pegawai ASN Kementerian Agama se-Indonesia, termasuk di Kabupaten Palas.Tidak terkecuali Panitia dan ASN yang ditentukan Pimpinan Satker.
 
“Bagi peserta yang dikecualikan, akan diberikan waktu lain untuk CAT selanjutnya," terangnya.
 
Lanjut Warisatul, peserta yang tidak mengikuti CAT dikarenakan sakit atau alasan force majure lainnya, wajib membuktikan dengan surat keterangan yang sah yang diterbitkan oleh pejabat/lembaga yang berwenang.
 
Peserta tersebut akan diberikan waktu lain untuk CAT akan diberikan waktu lain untuk ikut CAT selanjutnya. Hasil IPMB akan diumumkan pada 30 Desember 2022, tutupnya.