PALAS -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padanglawas menggelar konsolidasi kelembagaan pengawasan pemilu 2024 di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.
 
Kegiatan konsolidasi yang diikuti seluruh Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwaslu) bertujuan memberikan pemahaman sebagai persiapan dalam pengawasan dalam tahapan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Palas, Rahmat Efendi Siregar SS di dampingi Kordinator Sekretariat Erwin Saleh Siregar S.Pd mengatakan, setiap anggota Panwaslu Kecamatan harus memahami tata kerja tentang tugas pengawasan pemilu.

"Tugas pengawasan pemilu terus diperkuat dalam menghadapi Pemilu serentak 2024 mendatang dengan tata kerja dan pola pengawasan yang baik," terangnya, Sabtu (24/12/2022).

Kata Rahmat, saat ini wudah mulai memasuki tahapan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024, sehingga setiap Panwaslu Kecamatan harus siap mengawasi setiap tahapan pemilu.

Ia juga menegaskan, seluruh Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Palas harus sudah membuat desain pengawasan dan melakukan rapat pleno di tingkat kecamatan.

"Setiap Panwaslu Kecamatan melaporkan secara berjenjang sesuai dengan Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawas Pemilu," ungkap Rahmat Efendi.

Menurut Rahmat, kegiatan pengawasan pemilu harua sudah merapatkan barisan dan menjaga kekompokan serta menyatukan persepsi guna mempersiapkan diri untuk menghadapi semua tahapan pemilu dengan menegakan keadilan pemilu.

"Bawaslu Bersama Rakyat Awasi Pemilu Guna Tegakan Keadilan Pemilu," katanya.

Sebelumnya, Komisoner Bawaslu Kabupaten Palas, Rafles Purba S.Hi, Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat mengatakan, konsolidasi pengawasan ini untuk menyamakan persepsi serta deteksi dini potensi kerawanan Pemilu 2024.

“Deteksi ini penting agar dapat meminimalisir terjadinya potensi pelanggaran, apalagi saat ini sudah memasuki sub tahapan verifikasi faktual perbaikan persyaratan parpol dan sebentar lagi akan memasuki pemutakhiran data pemilih,” pungkasnya.