PALUTA - Puluhan wartawan yang bertugas di area kerja Paluta turut mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang selenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Paluta bekerjasama dengan Dewan Pers. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 20 - 21 Desember 2022 di Aula Kafe Keluarga, Paluta.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap diwakili Sekda Paluta Patuan Rahmat P Syukur Hasibuan saat membuka UKW peran kompetensi hal mutlak dan sangat penting.

"Kegiatan UKW ini sangat penting karena dengan kehadiran organisasi PWI bisa menjadi wadah perekat, wadah aspirasi dan wadah pembinaan para wartawan dalam mengawal pembangunan di Indonesia. Kehadiran PWI sendiri sangat penting dalam menjalankan tugas tugas pemerintahan yang tentu butuh kemitraan," ujarnya

Pihaknya berharap UKW ini bisa menghasilkan wartawan yang profesional dalam pemberitaan, agar bisa bersama-sama membangun Padang Lawas Utara lebih baik lagi dan mendapat predikat wartawan profesional yang berkompeten dan berintegritas sehingga bisa mengawal pembangunan khususnya di Kabupaten Paluta.

Sementara, Ketua PWI Sumut diwakili Ketua DKP M Syahrir mengapresiasi atas dilaksanakannya UKW yang dilaksanakan PWI Paluta setelah berdirinya kepengurusan PWI Paluta.

Pihaknya berharap UKW tetap dilaksanakan di Paluta pada tahun-tahun berikutnya, guna meningkatkan profesionalitas wartawan.

Hal yang Senada, diungkapkan Ketua PWI Kabupaten Paluta Tohong Pangondian Harahap.

Ia mengapresiasi Bupati dan Sekda serta Kajari yang memberikan dukungan untuk kegiatan UKW ini.

Pada kesempatan itu, ia berpesan kepada wartawan khususnya para peserta agar benar-benar serius mengikuti kegiatan ini.

Diketahui, tahun ini UKW Pertama di Paluta dikuti 3 kelas dengan rincian jenjang muda yang dihadiri narasumber resmi saat UKW yakni Sekda Paluta Patuan Rahmat Hasibuan, Kajari Paluta Hartam Ediyanto SH MH dan Wakil Ketua DPRD Paluta Basri Harahap sebagai narasumber ujian simulasi konferensi pers.