TOBA -Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb didampingi Kasi Intel Kejari Gilbeth Sitindaon mewakili Kejari Toba Samosir dan Pabung Kodim 0210 TU Mayor Kaminton Napitupulu mewakili Dandim 0210 TU, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Persiapan Operasi Lilin Toba 2022 jelang Nataru 2022/2023 di Aula Harungguan Mardemak Polres Toba, Rabu (14/12/2022).
 

Dalam paparannya, Kapolres Toba menyampaikan beberapa hal penting terkait pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022 di jelang Nataru hingga hari H Nataru 2022/2023.

Sesuai perencanaan pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022 di Nataru 2022/2023 akan dilaksanakan mulai 23 Desember 2022 s/d 02 Januari 2023.

Dikesempatan tersebut, AKBP Taufiq menjelaskan tentang data rumah Ibadah yang menjadi objek perioritas pengamanan dari berbagai kemungkinan tindakan perbuatan yang menganggu kamtibmas selama menjalankan ritual ibadah Nataru 2022/2023 berikut pesta perayaannya.

"Semua rumah ibadah yang ada di wilayah Toba harus tetap kita jaga dan amankan," tegas Kapolres Toba.

Kapolres Toba juga memaparkan peta wilayah kerawanan akan penyakit masyarakat seperti peredaran penyalahgunaan Narkotika dan minuman keras, informasi hoaks berikut kerawanan akan terjadi bencana alam mengingat situasi cuaca yang ekstrim saat ini di Kab Toba dengan curah hujan yang deras serta berkelanjutan setiap hari dan dimalam harinya, demikian juga dengan beberapa titik titik tertentu pada daerah jalan yang rawan akan terjadinya kecelakaan Lalulintas.

Untuk mendukung Operasi Lilin Toba Nataru 2022/2023 Pemkab Toba mengerahkan berbagai sumber daya aparatur terkait yang dimiliki diantaranya, Personil Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, Tenaga Medis, Dina PUTR untuk antisipasi Bencana alam, BPBD berikut Tim SAR.

"Semua ini kita lakukan dalam tugas dan pengabdian kita untuk masyarakat kita, termasuk pengamanan Lebaran dan sebagainya," sebut Kapolres Toba AKBP Taufiq.

Tampak dalam acara Rapat dan Koordinsi Lintas Sektoral Persiapan Operasi Lilin Toba 2022 jelang Nataru 2022/2023 di Aula Harungguan Mardemak Polres Toba turut serta dihadiri dan di ikuti Puluhan Perwira jajaran Polres Toba dan personil TNI berikut para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Toba serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022 digelar guna memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat lua di masa perayaan Nataru 2022/2023 serta mengamankan kondisibarus lalu lintas menjelang Natal dan Tahun baru, berukaya mengurangi dan meminimalisir kemacetan, kecelakaan, hingga pelanggaran lalu lintas.

Diakhir amanahnya Kapolres Toba juga menegaskan, selain pengawasan dan pengamanan dijalan raya, operasi Lilin Toba 2022 juga menyasar pengamanan diberbagai objek vital lain, termasuk rumah ibadah, pusat pasar dan berbagai lokasi wisata yang ada di Kab Tob serta berbagai sarana umum lainnya.