PALAS -Faisal Akbar Hasibuan No. 4 dengan tanda gambar kelapa sawit menang telak dari rivalnya Sukron Hasibuan S.Pd No. 5 dengan tanda gambar pisang di pemlihan kepala Desa Aek Tinga, Kecamatan Sosa.
 

Di mana, Faisal Akbar Hasibuan meraih sebanyak 745 suara, sedangkan Sukron Hasibuan S.Pd hanya meraih sebanyak 424 suara.

Pelaksanaan Pilkades di desa tersebut berlangsung kondusif dan tertib serta aman sampai akhir perhitungan perolehan suara oleh panitia pemilihan desa yang berlangsung dilapangan bola Desa Aek Tinga, Rabu(14/12/2022).

Ketua Panitia Pilkadea Aek Tinga,Khadafi Hasibuan mengatakan,dari dua calon kepala desa yang berkompetisi di Pilkades ini, sampai akhir perhitungan perolehan suara. Faisal Akbar meraih suara terbanyak dengan perolehan 745 suara.

"Sesuai hasil perhitungan suara pesta demokrasi desa, Faisal Akbar Hasibuan menang telak dari Sukron Hasibuan S.Pd," kata Khadafi.

Dikatakan, dari 1322 warga yang terdaftar sebagai pemilih hanya 1180 warga yang hadir selebihnya sebanyak 142 warga lagi abstain atau tidak hadir menyalurkan hak pilihnya di pesta demokrasi desa.

“Antusias warga untuk menyalurkan hak pilihnya di Pilkades serentak ini cukup antusias datang ke TPS Desa mencapai 90 persen dari jumlah DPT,” terangnya.

Ia menambahkan, mulai dari proses penyaluran hak suara oleh warga sampai akhir perhitungan perolehan suara dari dua calon kepala desa yang berkompetisi di Pilkades berlangsung kondusif.

Kegiatan pelaksanaan pilkades Aek Tinga,katanya berlangsung lancar tanpa ada gangguan atau hambatan yang menimbulkan prosws pilkades menjadi terganggu.

Sebelum perhitungan perolehan suara oleh panitia Pilkades, Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi MH bersama Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi dan Dansat Brimob, Kombes.Pol Christiyanto Goetomo SIK.MH melakukan monitoring ke TPS Desa Aek Tinga, Kecamatan Sosa.

"Mari kita ciptakan suasana yang kondusif di Pilakdes ini dengan menjaga kebersamaan dan kearifan lokal untuk mewujudkan Pilkades bermartabat dan berkualitas," katanya.

Plt Bupati juga berpesan, partisipasi warga dan calon kepala desa dalam mensukeskan Pilkades menjadi tolak ukur yang sangat penting untuk daerah dan kemajuan pembangunan.