PALAS - Melalui kegiatan workshop pengelolaan keuangan dan pembangunan desa ini bermanfaat meningkatkan wawasan pengetahuan Camat dan Kepala Desa dalam pengelolaan dana desa (DD). Workshop yang dilaksanakan Badan Perencaanaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara terkait evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa Tahun 2022 di Kabupaten Palas, di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Senin (12/12/2022).

Hadir sebanyak 150 peserta terdiri dari beberapa Pimpinan OPD, camat, kepala desa dan perangkat desa.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPKP Perwakilan Provsu atas penyelenggaraan workshop ini,"kata Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi.MH mengawali sambutannya. 

Ia mengungkapkan, melalui kegiatan ini membuka ruang untuk menambah ilmu pengetahuan dan juga sebagai forum diskusi bagi semua pihak terkait pengelolaan dana desa.

"Workshop ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi bahwa penggunaan dana desa ditujukan untuk memajukan pembangunan dan meningkatkan perekonomian desa menuju  masyarakat desa yang sejahtera," ujarnya.

Untuk itu, Plt Bupati mengingatkan, semua pihak yang terlibat khususnya kepala desa sebagai pengelola dana desa agar jangan main main dengan dana desa. Dana desa harus betul betul dipergunanakan sesuai aturan yang berlaku.

Kata Plt Bupati, kepala desa memegang peranan penting dalam proses pengelolaan dana desa sehingga dituntut harus cermat dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban.

"Dengan begitu, manfaatnya dirasakan sampai keakarnya dan tentunya dengan pengelolaan yang baik. Siapapun itu akan terhindar dari masalah hukum, "pesan mengingatkan  kepala desa.

Ia menambahkan, agar semua peserta mengikuti workshop ini dengan baik, tanyakan apa yang belum dimengerti terkait dana desa, agar para kepala desa merasa nyaman dan tenang dalam mengelola dana desa.

Usai workshop dibuka, acara dilanjutkan dengan diskusi panel dan paparan dari narasumber yang dipandu Sekretaris Daerah Arpan Nasution, S.Sos.

Narasumber yang hadir secara langsung, diantaranya Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Kwinhatmaka dan Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sibolga dan secara virtual, Perwakilan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dan Perwakilan KPPN Medan.

Gus Irawan Pasaribu mengatakan bahwa dana desa di tujukan untuk membangun kualitas masyarakat desa. Keberhasilan pembangunan nasional diawali dengan keberhasilan pembangunan desa. 

Karena itu, ia berpesan untuk menggunakan dana desa sesuai dengan sasarannnya untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan. 

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Provsu, Kwinhatmaka mengatakan, workshop ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Pegawai Pemerintah Daerah, Kecamatan, dan Perangkat Desa dalam mengelola Dana Desa agar lebih transparan dan akuntabel. 

BPKP juga berkomitmen mendorong agar pengelolaan dana desa tepat sasaran dan siap mendampingi para kepala desa dalam pengelolaan dana desa dalam percepatan pembangunan, memajukan perekonomian desa dan mengentaskan kemiskinan.