PALAS - Polres Padanglawas (Palas) menggelar apel pergeseran pasukan (Serpas) bersama Kodim 0212/TS dalam rangka pengamanan Pilkades Serentak tahun 2022, Selasa (13/12/2022).

Apel pergeseran pasukan ini diikuti personil gabungan dari TNI - Polri dalam hal ini Polres Palas, Kodim 0212/TS dan BKO dari Polda Sumut untuk melaksanakan tugas pengamanan Pilkades di 102 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di  Kabupaten Palas yang akan dilaksanakan besok, Rabu (14/12/2022).

"Kita akan melaksanakan pengamanan Pilkades di 102 Desa yang tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Palas," kata Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi bertindak sebagai inspektur upacara pengeseran pasukan (Serpas) dilapangan Bola, Kecamatan Barumun Tengah.

Ia berpesan, setiap personel untuk melaksanakan perintah dan tanggungjawab sesuai tugas dan fungsinya yakni pengamanan TPS Pilkades di setiap desa. 

Kepada seluruh personel yang bertugas, Kapolres mengingatkan, untuk selalu menjaga sikap dan perilaku pada saat pengamanan di TPS dan jangan berlaku arogan dan benar-benar menjaga netralitas.

"Dalam melakukan pengamanan Pilkades diharapkan kepada para personil agar mengembankan tugas Kepolisian dan jangan terlibat politik praktis," seru AKBP Indra Yanitra Irawan.

Kapolres juga meminta, semua  personil pengamanan selain melaksanakan tugas pengamanan juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bersama sama menjaga kamtibmas dan memastikan tidak ada pihak yang melakukan intimidasi ataupun paksaan kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Di akhiri amanatnya, Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan menyampaikan, terima kasih kepada seluruh peserta apel semoga pengabdian yang kita lakukan dengan penuh keikhlasan dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

Lakukan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, selalu jaga kesehatan dan jaga keselamatan personil, pesannya.

"Jumlah personil yang bertugas untuk pengamanan Pilakdes serentak tahap II di Kabupaten Palas berjumlah 326 personil dari Polres Palas ditambah BKO dari Polda Sumut," kata Kapolres selaku pengendali pengamanan Pilkades serentak.

Ia menambahkan, masing-masing TPS Pilkades serentak yang berlangsung di 102 Desa tersebut ditempatkan 3 personil Polri ditambah personil TNI dari Kodim 0212/TS dan jajaran.

Dikesempatan itu, Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi  Pasaribu.CHt.MM.MSi.MH berpesan, para calon Kepala Desa dan warga dapat menciptakan Pilkades damai, bermartabat serta berkualitas.

"Mari kita wujudkan Pilkades yang damai,aman dan nyaman dalam pesta demokrasi ditingkat desa dengan peran serta semua pihak dalam mensukseskannya," harap Plt Bupati.

Ia juga mengingatkan, jangan ada tindakan itimidasi atau paksa kepada warga dalam menyalurkan hak pilihnya dalam pesta demokrasi desa.Tetapi ikut serta menciptakan suasana yang kondusif yang menjunjung tinggi hak warga dalam berdemokrasi secara jujur dan adil (Jurdil).

Hadir juga dikegiatan upacara Serpas, Ketua DPRD Palas,Amran Pikal Siregar.S.Sos I, Para Camat 17 Kecamatan, Plt Kadis PMD Palas,M.Faisal Amrin Siregar.S.AP.MM,para PJU Polres Palas dan sejumlah pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas.