TOBA -Badan Pengawas Pemelihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Toba gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Selasa (13/12/2022) bertempat di Wita Cafe Jln.Permandian Lumban Silintong Kec.Balige.
 
Hadir sebagai peserta undangan BAWASLU Kab.Toba dari kalangan Insan Pers, LSM, Tokoh Masyarakat, Pemuda Pelajar, Organisasi Pelajar dan Organisasi Pemuda, PNS dan Guru Guru tenaga pendidik.

Pelaksanaan sosialisasi dipimpin kangsung Ketua BAWASLU Kab.Toba Romson Poskoro Purba,S.T,S.H menangani Devisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan, Data dan Informasi didampingi Japarlin Napitupulu Devisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Thomson Manurung Devisi Hukum,Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat serta Koordinator Sekretariat BAWASLU Kab. Toba Frans Hutapea

Koordinator Sekretariat BAWASLU Kab. Toba Frans Hutapea menyampaikan, dengan pagelaran sosialisasi yang digelar diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat Toba yang selanjutnya disebarluaskan oleh undangan peserta sosialisasu sebagai perwakilan masyarakat dalam hal peran serta masyarakat di pelaksanaan pengawasan Pemilu Parstisipatif oleh masyarakat umum.sebut Frans.

Kepala Devisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa BAWASLU Kab.Toba Japarlin Nalitupulu memaparkan, Tugas daripada BAWASLU untuk melakukan pengawasan serta meminimalisir berbagai dugaan pelanggaran Hukum dalam pelaksanan penyelenggaran Pemilu pada Pemilu 2024.

Melalui sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif hari ini BAWASLU tetap mengajak seluruh stake Holder dan berbagai kalangan di lapisan masyarakat untuk secara bersama sama menjaga stabilitas kemanan dan mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024.BAWASLU Toba menghimbau kepada setiap warga menghindari konflik SARA khususnya Many Politik.karena hal tersebut akan merusak citra Pemilu yang akan digelar, secara khususnya bagi para pemilih Pemula agar lebih pintar dan bijaksana dalam memberikan suara hak pilihnya.

Senda dengan Japarlin Kepala Devisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Thomson Manurung juga menyampaikan, melalui sosilasasi Pemilu Partisipatif ini BAWASLU Toba sangat mengharapkan dukungan dan peran serta masyarakat Kab.Toba dalam melakukan pengawasan di pesta demokrasi 2024 yang akan datang bersama sama dengan BAWASLU demi tegaknya Demokrasi Pemilu di Kab.Toba yang Jujur dan Adil dengan asas Langsung, Umum, Bebas dab Rahasia dalam memberikan sura hak pilihnya di TPS.

Ketua BAWASLU Kab Toba Romson Boskoro Purba,ST,SH kepada peserta menyebutkan, seluruh elemen di masyarakat Kab.Toba, BAWASLU Toba mengajak untuk berperan serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dalam hal pelaksanaan pengawasan Pemilu Partisipatif.

Melalui para undangan peserta Sosialisasi diharapkan menyebarluaskan berbagai informasi tentang pelaksanaan pengawasan Pemilu di setiap wilayah tempat tinggal masing masing sebagaimana yang telah diamanahkan oleh UU Pemilu No.07 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Tentu dengan hadapan demi suksesnya Demokrasi Pemilu di NKRI yang Jukur dan Adil serta LUBER (Langsung, Umum, Benas dan Rahasia) khususnya pada pelaksanaan Pemilu di Kab Toba.tandas Romson.

Gelaran Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif ini salah satu sarana komunikasi BAWASLU Kab.Toba untuk menjalin komunikasi kerja sama dengan seluruh masyarakat serta berbagai kalangan elemen di masyarakat dalam upaya pelaksanaan pengawasan pelaksanaan Pemilu mulai dari Tahapan hingga pelaksanaan hari H Pemilu digelar.

Suksesnya Pemilu juga oleh peran serta masyarakat dalam hal pelaksanaannya, sebagaimana masyarakat adalah sebagai peserta pemilik suara hak pilih di Pemilu.

"jadi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 juga berkat kesadaran dan kepedulian seluruh warga masyarakat di NKRI berikut berbagai kalangan elemen di lapisan masyarakat dalam memberikan suara hak pilihnya dengan menghindari dan menilak dengan tegas Many Politik demi lagirnya sesosok pemimpin ataua wakil Rakyat yang memiliki nilai kwalitas dan kwantitas yang mumpuni sesuai harapan rakyat demi memperjuangkan hak hak rakyat itu juga".

Dalam sosialisasi hadir juga sebagai Narasumber dari Komunitas Seknas FITRA Sumut (Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran) Elfenda Ananda yang memberikan materi pemaparan pengawasan tentang pendanaan dilapangan.